Siswa TK hingga SMP di Cimahi Mulai Jalani PTM

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 10:39 WIB
PTM di Cimahi
Siswa di Cimahi mengikuti pembelajaran tatap muka. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Cimahi -

Siswa jenjang TK, SD, SMP, dan SMA di Kota Cimahi mulai menjalani Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Senin (6/9/2021) dengan protokol kesehatan yang ketat lantaran masih di tengah pandemi COVID-19.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi, dari 312 PAUD dan TK, sebanyak 221 ikut PTM. Sementara untuk jenjang SD dari 116 sekolah sebanyak 115 sekolah ikut PTM. Kemudian untuk jenjang SMP ada sebanyak 44 SMP ikut PTM sedangkan satu SMP tidak ikut PTM.

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana memantau langsung pelaksanaan PTM tersebut. Ia mewanti-wanti agar siswa dan pihak sekolah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Saya cek langsung di SMPN 1 ini, tiap ruangan dan kapasitas antarsiswa memenuhi syarat. Alur masuk dan keluar sudah baik juga. Tempat cuci tangan, hand sanitizer ada semua jadi siswa bisa terbiasa dengan prokes," kata Ngatiyana, Senin (6/9/2021).

Ngatiyana mengatakan selama masa transisi PTM pada September hingga Oktober nanti, menjadi masa yang menentukan untuk kelanjutan PTM di Cimahi. "Ini kan uji coba mudah-mudahan berhasil. Apabila uji coba menimbulkan hal yang tidak baik seperti lonjakan kasus, mungkin kita hentikan dulu lalu dievaluasi baiknya seperti apa," ujar Ngatiyana.

Ia menyebut sebanyak 33 persen siswa menjalani PTM. Sementara sisanya tetap menjalani pembelajaran daring. Pola tersebut terus berulang setiap harinya selama masa transisi.

"Jadi jadwalnya dibagi dua, ada yang PTM Senin, Rabu, Jumat. Lalu ada juga yang Selasa, Kamis, Sabtu. Jadi enggak cuma tatap muka saja, tapi untuk pembelajaran virtual juga tetap berjalan," ucap Ngatiyana menegaskan.

(bbn/bbn)