Keren! Kreator Bandung Tawarkan Sensasi WFH-Belajar Online 'Ala Gamers'

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 14:06 WIB
Warga Bandung kini bisa WFH dan belajar online ala gamers
Warga Bandung kini bisa WFH dan belajar online ala gamers (Foto: Istimewa)
Bandung -

Terinspirasi dari work from home (WFH) hingga sekolah online, inovasi baru diluncurkan. Sebuah produk dibuat guna menjawab kebosanan dengan suasana WFH yang itu-itu saja.

Produk bernama 'Smart Box' ini lahir dari ide kreatif Amel Ameda. Dia membuat smart box yang merupakan ruangan portable berukuran 2x1,5 meter.

Smart box memiliki bahan akrilik dipadu dengan papan kayu yang kaya tampilan futuristik. Beragam fasilitas tambahan disematkan sepertj wifi, perangkat komputer, sound system, pencahayaan, peredam suara, pendingin ruangan, exhaust fan hingga aroma therapy.

Amel menuturkan smart box ini dibuat guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang terpaksa beraktivitas online saat pandemi COVID-19. Mereka bisa merasakannya dengan berkunjung ke Jalan Ir Djuanda (Dago) Bandung no 106.

"Banyak orang tua dan anak-anak yang stress saat pandemi ini. Bapak ibunya harus WFH dan anak-anaknya belajar online dj rumah. Mereka butuh suasana yang nyaman," ucap Amel dalam keterangan yang diterima, Sabtu (4/9/2021).

Sebelum membuat smart box ini, Amel melakukan riset terlebih dahulu. Dia dan tim membutuhkan waktu 8 bulan untuk bisa mewujudkan smart box tersebut. Riset diperlukan untuk mengetahui kebutuhan masyarakat saat menjalani aktivitas online.

"Kita ingin hadirkan sebuah ruangan khusus. Jadi orang tua bisa lebih fokus saat WFH dan anak-anak pun lebih konsentrasi saat belajar online. Jadi punya waktu dan ruang untuk mereka sendiri," kata Amel.

Menurut Amel, Smart Box buatannya ini bisa digunakan oleh beragam segmen. Selain untuk aktivitas online, smart box yang dibanderol Rp 10 juta per unit ini juga bisa digunakan untuk sarana hiburan mulai dari karaoke, gaming hingga podcast.

"Smart box ini juga kesal suara. Jadi saat main game atau bernyanyi, mereka tidak akan mengganggu dan terganggu oleh anggota keluarga lainnya di rumah," tutur dia.

Uniknya, smart box ini juga memiliki konsep pencahayaan yang bisa diatur oleh pengguna. Sehingga, mereka yang beraktivitas secara online, bisa memiliki nuansa berbeda setiap saat.

"Ambience-nya lebih menarik karena lampu background-nya bisa berubah-ubah," kata dia.

Selain bisa memiliki, Amel juga turut menyewakan smart box ini. Dengan Rp 2 juta per bulan, masyarakat bisa menyewa smart box tersebut.

"Selain yang sudah ready stock, kita juga menerima pemesanan custom sesuai keinginan konsumen," katanya.

Rencana lainnya yang tak kalah menarik, Amel berencana akan membuat smart box yang berukuran lebih besar. Nantinya smart box lebih besar itu bisa digunakan untuk isolasi mandiri.

"Nantinya, smart box isoman ini bisa ditempatkan di taman misalnya, jadi tidak harus tinggal berjauhan dengan anggota keluarga lainnya," kata Amel.

(dir/mud)