Pembangunan Tol Akses BIJB Capai 96%, Ditargetkan Rampung Akhir September

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 15:39 WIB
Akses tol menuju BIJB Kertajati, Majalengka.
Foto: Akses tol menuju BIJB Kertajati, Majalengka (Bima Bagaskara/detikcom).
Majalengka -

Pembangunan jalan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati hampir rampung. Saat ini pengerjaan akses jalan yang menghubungkan langsung Tol Cipali dengan BIJB tersebut telah mencapai 96 persen.

"Mungkin bagaimana bisa dilihat progresnya hampir 96 persen dan berharap akhir September ini sudah komplit semua, dan harapan kami bisa segera dioperasikan tol ini," kata Firdaus Azis, Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali saat diwawancarai detikcom di lokasi pembangunan jalan tol akses BIJB, Kamis (2/8/2021).

Ia menjelaskan saat ini ASTRA Tol Cipali tengah fokus menuntaskan pemasangan fasilitas jalan tol seperti rambu, lampu penerangan dan juga area interchange (simpang susun) jalan tol akses yang mengusung icon dengan kearifan lokal daerah Jawa Barat.

"Jadi ikon ini adalah ciri khas dari Provinsi Jawa barat kita ada terasering dan ada angklung. Nanti itu jadi simbol yang ditempatkan di interchange Tol Akses Kertajati," ucapnya.

Dengan akan rampungnya jalan tol akses sepanjang 3,8 kilometer ini, menurut Firdaus bakal memangkas waktu perjalanan menuju BIJB Kertajati hanya menjadi 5 menit dari Tol Cipali.

Namun kata Firdaus, traffic menuju BIJB Kertajati tidak otomatis akan langsung meningkat meski tol akses ini selesai dibangun. Ia menuturkan keberadaan Tol Cisumdawu dan Bandara Husein Sastranegara di Bandung yang menjadi faktor utama traffic BIJB Kertajati bisa meningkat.

"Kalau Cisumdawu nanti dari Bandung ke Kertajati hanya 60 km dan paling membutuhkan waktu sekitar satu jam. Jadi yang kita harapkan itu kuncinya di Cisumdawu jadi dulu, kita sih tidak berharap trafficnya meningkat langsung ya karena bagaimanapun kalau bandara di Bandung masih tetap dibuka, referensi masyarakat masih akan ke sana," tandasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Majalengka Karna Sobahi menaruh harapan besar agar keberadaan jalan tol akses tersebut nantinya bisa membuat BIJB Kertajati semakin ramai.

"Keberadaan jalan tol akses ini harapan kita bisa meramaikan bandara, karena dari awal ketika pemerintah ingin membangun BIJB yang diperhatikan itu aksesnya. Makanya akhir September ini ditargetkan bisa dioperasikan jalan ini," ujar Karna seusia meninjau lokasi bersama Forkompinda Kabupaten Majalengka.

Karna juga mengaku terkesan dengan pembangunan jalan tol akses BIJB yang hampir rampung ini. Menurutnya sudah banyak lika-liku yang dihadapi pemerintah untuk menghadirkan jalan tol tersebut.

"Jalan ini sudah hampir selesai dan saya tahu sendiri dari awal begitu luar biasa dinamikanya. Proses perizinan, pembebasan lahan, saya tau banyak hambatan yang terkesan sengaja dihambat agar tidak jadi tol ini," ungkapnya.

"Sekarang sudah hampir jadi saya sangat bersyukur dengan pengerjaan yang berkualitas ini akses tol ini akan memudahkan rakyat untuk menjangkau BIJB. Hanya 5 menit dari Cipali ke BIJB ini akan lebih efisien," tutup Karna.

(mso/mso)