Sejumlah SMA/SMK Belum PTM, Dinkes Banten: Masih Banyak Ortu Enggak Vaksin

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 12:55 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Serang -

Sejumlah SMA/SMK di Provinsi Banten memilih menunda pembelajaran tatap muka atau PTM. Di sisi lain, banyak orang tua murid juga yang masih enggan menjalani vaksinasi COVID-19.

"Suntikan itu banyak orang tua nggak mau divaksin, masih banyak," kata Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti di Serang, Kamis (2/9/2021).

Dinkes baik kabupaten-kota termasuk ikatan dokter dari IDI dan IDAI bersepakat dilakukan PTM terbatas. Siswa sendiri tidak wajib vaksinasi tapi disarankan ikut penyuntikan baik oleh sekolah atau puskesmas.

"Agar ini sekolah tatap muka aman untuk dipercepat pelaksanaan vaksinasi, untuk siswa yang saat ini kita sedang mengejar," ucapnya.

Paling banyak, vaksinasi dilakukan di Tangerang Raya. Jika dihitung dari ratusan ribu siswa se-Banten, vaksinasi siswa katanya sudah sampai ribuan orang.

"Kalau Kota Serang, Lebak, Pandeglang sudah banyak tinggal hanya tersisa beberapa ribu saja," ujarnya.

Mudah-mudahan, target vaksinasi tuntas di bulan September ini. Target ini bukan hanya untuk SMA-SMK tapi juga termasuk SD yang usia 12 tahun hingga SMP.

"Kita target September ini mudah-mudahan vaksinasi lancar dari pusat. Karena kita bilang target kalau vaksinnya tidak lancar dari pusat apa yang mau kita vaksin. Mudah-mudahan juga pusat mensupport ini kita bisa dalam September ini kita bisa mengejar semua siswa di yang usia 12 tahun ke atas itu harus sudah divaksin," ujarnya.

(bri/mso)