Gerbang Tol Cileunyi Baru Mulai Dioperasikan Hari Ini

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 08:40 WIB
Gerbang Tol baru Cileunyi mulai dioperasikan hari ini
Gerbang Tol baru Cileunyi mulai dioperasikan hari ini (Foto: Istimewa)
Bandung -

Gerbang Tol (GT) Cileunyi baru, hari ini, Rabu (1/9/2021) mulai dioperasikan Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT).

Hal itu dilakukan, sehubungan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang terintegrasi dengan Jalan Tol Padaleunyi.

Seperti diketahui, sebelumnya lalu lintas yang menuju akses masuk (on ramp) GT Cileunyi arah Jakarta dilakukan pengalihan lalu lintas melalui Simpang Susun (SS) Cileunyi.

GT Cileunyi baru ini dioperasikan mulai Pukul 00.00 WIB dini hari, transaksi entrance yang sebelumnya berada di GT eksisting akan dipindahkan ke GT baru yang ada di atas SS Cileunyi.

GT Cileunyi baru ini mengoperasikan delapan GTO Multi pada tahap awal. Dengan dioperasikannya GT Cileunyi baru ini, kendaraan dari jalan nasional (arteri) arah Garut menuju ke Jakarta melalui GT Cileunyi diarahkan melalui lajur baru SS Cileunyi, selanjutnya akan melakukan transaksi di GT Cileunyi baru.

Sementara itu, kendaraan dari arah Jakarta menuju Cileunyi dan sekitarnya yang keluar melalui GT Cileunyi akan tetap menggunakan GT Cileunyi sementara dengan total 12 gardu terdiri dari 2 GTO single, 4 GTO multi dan 6 gardu OAB.

"Dengan dioperasikannya gerbang baru ini, pengguna jalan dari arteri yang menuju Jakarta akan mengarah ke simpang susun dulu, kemudian melakukan transaksi di gerbang baru tersebut. Sedangkan yang arah sebaliknya atau yang keluar ke Cileunyi akan tetap melakukan transaksi di GT Cileunyi yang digunakan saat ini," kata General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Thomas mengungkapkan, pihaknya juga sudah memasang rambu-rambu petunjuk jalan.

"Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama PT Jasamarga Tollroad Operator sebagai operator jalan tol, telah memasang rambu-rambu petunjuk untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan dan menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan lalulintas di lokasi kegiatan, guna menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan," ungkapnya.

Pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan pastikan kecukupan saldo uang elektroniknya. "Lakukan pembaharuan informasi lalulintas dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080," pungkasnya.

Simak juga 'Wujud Tol Pertama di Kalimantan yang Baru Diresmikan Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mud)