56 Rumah di Sumedang Rusak Diduga Dampak Pembangunan Tol Cisumdawu

Nur Azis - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 19:44 WIB
Puluhan rumah di Sumedang rusak diduga dampak proyek tol Cisumdawu
Puluhan rumah di Sumedang rusak diduga dampak proyek tol Cisumdawu (Foto: Istimewa)
Sumedang -

Tercatat 56 unit rumah mengalami kerusakan di Desa Margamukti, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang. Kerusakan akibat pergerakan tanah yang diduga timbul akibat dampak dari pembangunan tol Cisumdawu.

Sekretaris BPBD Kabupaten Sumedang Iwan Hermawan mengatakan kerusakan rumah akibat pegerakan tanah terhitung sejak Kamis ( 26/8/2021). Tercatat ada 56 unit rumah yang mengalami kerusakan.

"56 rumah itu di antaranya sebanyak 19 unit rumah berada di Dusun Pasir Amis RT 04/ 04, dan sebanyak 37 unit rumah berlokasi di Dusun Cihantap RT01/06" ungkap Iwan kepada detikcom, Selasa (31/8/2021).

Iwan mengatakan pergerakan tanah muncul diduga akibat dampak proyek pembangunan Tol Cisumdawu. Ditambah lagi, kata dia, beberapa hari lalu sempat diguyur hujan.

"Kedalaman retakan di dua wilayah tersebut mencapai 25 centimeter dengan panjang retakan bervariasi mulai 1 meter hingga 6 meter," ujarnya.

Iwan menambahkan untuk memastikan penyebab dan kondisi tanah di dua lokasi tersebut, BPBD Sumedang saat ini masih dalam proses pengajuan kepada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk dilakukan penelitian.

"Sekarang sedang proses pengajuan, sebetulnya PVMBG kemarin kemarin ke Sumedang tapi ke tempat lain karena mungkin banyak juga yang harus diteliti, sekarang masih nunggu agar bisa diteliti," pungkasnya.

(mud/mud)