Mural 'Jadikan Koruptor Pahlawan' di Bandung Dihapus Petugas

Yudha Maulana, Faizal Amiruddin - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 18:35 WIB
Mural di Bandung Dihapus
Coretan yang dihapus petugas di Bandund. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Coretan dinding bertuliskan 'Jadikan Koruptor Pahlawan Cara Firli Bahuri Berantas Korupsi' dihapus oleh petugas, Selasa (31/8/2021). Tak hanya itu, coretan vandalisme lainnya yang berada di Jembatan Viaduct, Jl Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung juga ikut dihapus oleh petugas.

Pantauan detikcom, penghapusan coretan itu melibatkan aparat Satpol PP dari kecamatan dan kepolisian. Staf Trantib Kecamatan Sumur Bandung Nina Kurniasari mengatakan, penghapusan coretan tersebut karena mengandung unsur-unsur penghinaan.

"Dihapus karena tulisannya memang tidak bertanggung jawab, ada unsur-unsur penghinaan. Ya mungkin bukan penghinaan lebih ke menjelekkan, ya seperti itulah," ujar Nina saat ditemui di lokasi coretan.

Nina mengatakan sedianya pencoretan di fasilitas umum apapun bentuknya tak diperkenankan. Sebab, aktivitas itu melanggar Perda Kota Bandung Nomor 9 Tahun 2019 tentang Ketertiban Umum, Ketenteraman dan Perlindungan Masyarakat.

"Di luar itu tulisan-tulisan apa pun di fasilitas umum tidak boleh, mural yang bukan di tempatnya juga tidak boleh. Imbauan untuk semua warga masyarakat kita sesama warga Bandung harus saling menjaga tidak boleh ada sesuatu atau kegiatan yang merusak fasilitas umum di Kota Bandung. Saling menjaga lah kita," tuturnya.

Coretan dinding bertuliskan 'Jadikan Koruptor Pahlawan Cara Firli Bahuri Berantas Korupsi' mejeng di Bandung. Begini penampakannya!Coretan dinding bertuliskan 'Jadikan Koruptor Pahlawan Cara Firli Bahuri Berantas Korupsi' mejeng di Bandung. Begini penampakannya sebelum dihapus petugas. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Pihaknya pun akan melakukan pengawasan lebih ketat, dengan menggelar patroli yang melibatkan aparat kewilayahan. "Kita berkolaborasi dengan kepolisian dan kewilayahan, tapi memang ada celah-celah yang tidak bisa kita pantau, kalau patroli rutin kalau ada yang mencurigakan sih segera kita tindak bisa berupa imbauan tidak boleh," ucap Nina.

Sebelumnya, Coretan yang ditujukan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Ketua KPK Firli Bahuri itu tak hanya satu, tetapi ada dua. Satu lagi, coretan itu mejeng di tiang jembatan Viaduct atau di seberang coretan pertama, tulisannya 'KPK Sakit Koruptor Bangkit Cara Firli Bahuri Berantas Korupsi'.

Belum diketahui kapan pastinya coretan tersebut muncul, namun sejumlah warga yang kerap beraktivitas di sekitar Viaduct mengatakan, gambar tersebut baru muncul beberapa hari ke belakang. Tepatnya, saat ramai berita penghapusan mural bergambar mirip Jokowi di Bandung.