Jalani Vaksinasi COVID-19, Sejumlah Ibu Hamil di Tasik Dapat USG Gratis

Deden Rahadian - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 13:25 WIB
Vaksinasi COVID-19 ibu hamil di Kota Tasikmalaya
Foto: Vaksinasi COVID-19 ibu hamil di Kota Tasikmalaya (Deden Rahadian/detikcom).
Tasikmalaya -

Ratusan ibu hamil di Kota Tasikmalaya jalani vaksinasi COVID-19, Senin (30/8/2021). Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil dilaksanakan di RSU Prasetya Bunda.

Demi menari minat peserta vaksinasi, ibu hamil yang akan divaksinasi mendapat pemeriksaan USG secara gratis dari dokter spesialis kandungan. Dengan begitu mereka bisa mengetahui kondisi kesehatan janin dan usia kandungan sebelum divaksin.

Salah seorang peserta Eka Rismawati mengaku mengikuti vaksinasi COVID-19 atas kemauan pribadi. Selain untuk kesehatan, vaksinasi bisa meminimalisir gejala berat jika terpapar COVID-19.

"Sayamah mau banget divaksin pak. Banyak teman saya yang hamil kepapar berat gejalanya kalau enggak vaksin malahan sampai wafat. Biar tenang juga pak. Usia janin saya udah 7 bulanan," kata Eka saat ditemui di lokasi.

Seperti diketahui, ibu hamil yang bisa mendapat suntikan vaksin harus telah memasuk usia kandungan 13 minggu. Vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil juga tidak akan mengganggu perkembangan dan kondisi kesehatan janin.

"Tujuanya untuk percepatan vaksinasi dan agar ibu hamil ini terlindungi tidak terpapar. Kalaupun kepapar bisa hindari gejala berat atau resiko kesehatan yang fatal," ucap Triono Eddy SPOG, Ketua persatuan Obsetri Ginekologi Indonesia Wilayah Priangan Timur.

Sementara itu, Satgas COVID-19 Kota Tasikmalaya menargetkan sebanyak 3.800 ibu hamil bisa mendapat vaksinasi tahap pertama. Berdasarkan data yang ada saat ini terdapat 11.00o ibu hamil di seluruh Kota Tasikmalaya.

"Target 3.800 bumil dari total 11 ribu ibu hamil di Kota Tasikmalaya. Jadi yang boleh vaksin usia kandungan 13 minggu," ucap Asep Hendra Hendriana, Kabid P2P, Dinkes Kota Tasikmalaya.

Vaksinasi ibu hamil sendiri bisa dilakukan di seluruh puskesmas di kota tasikmalaya. Ibu hamil cukup datang dan jalani proses screning tanpa harus menyertakan rujukan dokter kandungan.

(mso/mso)