Persis Jabar Nilai Pernyataan Muhammad Kece Ganggu Semangat Toleransi

ADVERTISEMENT

Persis Jabar Nilai Pernyataan Muhammad Kece Ganggu Semangat Toleransi

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 10:33 WIB
YouTuber Muhammad Kece
Foto: YouTuber Muhammad Kece (dok ist).
Bandung -

Ketua PW Persis Jawa Barat Iman Setiawan Latief menilai pernyataan Muhammad Kece dalam kanal YouTube telah mengganggu semangat toleransi antar umat beragama. Ia menilai pernyataan provokatif pria bernama Kace tersebut rawan menyulut konflik di tengah masyarakat.

"Pernyataan Kace di kanal YouTube-nya sudah sangat melampaui batas, dan sudah melakukan penistaan serta ujaran kebencian terhadap agama Islam," ujar Iman saat dihubungi detikcom, Senin (23/8/2021).

"Hal ini tentunya kalau tidak ditindak secara tepat dan cepat akan mengganggu semangat toleransi antar umat beragama yang sudah dibangun secara susah upaya oleh banyak pihak serta berpotensi menimbulkan ketegangan bahkan konflik di masyarakat," kata Iman melanjutkan.

Pihaknya meminta agar umat tak terprovokasi oleh pernyataan yang dilontarkan Kace. Selain itu, ia meminta aparat penegak hukum segera turun tangan untuk menangkap Kace dan memberikan sanksi tegas.

"Fenomena bermunculannya orang-orang yang menghina dan melecehkan agama, atau simbol-simbol agama, akhir-akhir ini terus bermunculan. Dan perlu tindakan serius dan tegas serta dihukum seberat-beratnya, agar tidak lagi bermunculan orang-orang melakukan hal tersebut," tutur Iman.

Untuk diketahui, terdapat sejumlah akun YouTube yang menayangkan video Muhammad Kece bicara mengenai agama Islam. Di antaranya akun MuhammadKece, juga akun MurtadinIndonesia.

Di antara ucapan Muhammad Kece yang dianggap menyimpang adalah dia menyebut kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren menyesatkan dan menimbulkan paham radikal.

Selain itu, dia juga menyebut ajaran Islam tidak benar sehingga harus ditinggalkan. Ia menyebut Nabi Muhammad SAW adalah pengkikut jin. Bahkan dalam beberapa video ia kerap melontar salam yang berbunyi, "assalmualaikum wataohmat yesus wabarokatuh," tutur Muhammad Kace.

Mabes Polri telah menerima laporan dari masyarakat terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan Muhammad Kece. Polisi akan melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait laporan tersebut.

Simak video 'Pernyataan Muhammad Kece Usai Dikecam karena Dugaan Penistaan Agama':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT