Jabar Sepekan: Habib Bahar Bogem Ryan Jombang-Syam Organizer Digeledah

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Agu 2021 22:23 WIB
Ditjenpas Kemenkumham membagikan foto bukti Ryan Jombang dan Habib Bahar bin Smith sudah berdamai
Foto: dok. Humas Ditjenpas Kemenkumham
Bandung -

Berbagai peristiwa terjadi di Jawa Barat dalam sepekan. Mulai dari kasus pemukulan Ryan Jombang oleh Habib Bahar bin Smith hingga pembunuhan sadis di Kabupaten Subang.

Berikut rangkuman Jabar sepekan :

1. Habib Bahar Pukul Ryan Jombang di Lapas Gunung Sindur

Very Idham Henyansyah alias Ryan Jombang menjadi sorotan. Terpidana mati kasus mutilasi ini dibogem habib Bahar bin Smith gegara masalah uang.

Kasman Sangaji, kuasa hukum Ryan Jombang menjelaskan dugaan penganiayaan yang menimpa kliennya itu dipicu masalah uang. Bahar disebut kerap meminjam uang kepada Ryan Jombang hingga totalnya mencapai Rp 10 juta.

"Kalau permasalahan awalnya itu sebenarnya masalah sepele, jadi habib Bahar ini beberapa bulan lalu sering meminjam uang ke Ryan," ujar Kasman.

Selain dipukul, kata Kasman, lengan kliennya juga disayat Bahar. Sayatan itu mematri tulisan 'Pengkhianat'. Buntut dari aksi tersebut, Ryan berencana melaporkan Bahar ke polisi. Bahkan kuasa hukum Ryan sudah berkoordinasi ke Bareskrim Polri.

Namun belakangan kuasa hukum menunda terlebih dahulu. Kasman mengatakan pihaknya akan berbicara terlebih dahulu dengan Ryan lantaran sudah adanya perdamaian secara internal di Lapas Gunung Sindur.

Soal perdamaian ini pun dibenarkan oleh Kalapas Gunung Sindur Mujiarto. Dia mengatakan kasus tersebut sudah selesai dan sudah saling memaafkan.

"Yang jelas perselisihan sudah selesai dan mereka pun kembali mengikuti aturan-aturan dan program pembinaan yang diberikan pihak lapas," kata dia.

Belakangan juga beredar surat yang diduga kuat ditandatangani Ryan yang membantah bahwa persoalan dirinya dengan Bahar karena piutang Rp 10 juta.