HUT ke-76 Jabar, Ridwan Kamil Beri Kadeudeuh Atlet Peraih Medali Olimpiade

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 14:32 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil serahkan bonus kepada atlet peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil serahkan bonus kepada atlet peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 (Dokumentasi Humas Jabar).
Bandung -

Jawa Barat tengah merayakan hari jadinya yang ke-76. Dalam peringatan kali ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan kadeudeuh kepada atlet asal Jabar yang meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020.

Adapun atlet asal Jabar yang mendapat 'kadedeuh' yakni Windy Cantika Aisah atlet cabang angkat besi yang meraih medali perunggu dan Anthony Sinisuka Ginting peraih medali perunggu cabang bulu tangkis. Keduanya mendapat 'kadeudeuh' sebesar Rp 500 juta.

Selain kepada atlet peraih medali, Kang Emil sapaan Ridwan Kamil juga memberikan kadedeuh kepada atlet lain yakni Melani Putri atlet cabang dayung yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 dan Jajang Supriatna pelatih cabang angkat besi.

Pemberian kadeudeuh itu dilakukan Kang Emil saat upacara hari jadi Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung pada Kamis (19/8/2021).

"Kami juga memberikan penghargaan kepada atlet Jawa Barat yang bertanding di Olimpiade Tokyo. Khususnya kepada dua orang yang berhasil membanggakan Indonesia membawa pulang medali perunggu," ucap Kang Emil.

Kang Emil mengapresiasi upaya para atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Terlebih mereka juga turut membanggakan nama Jawa Barat.

"Kami bangga, Jawa Barat menyumbang dua medali dalam Olimpiade. Sehingga terus akan didorong mudah-mudahan mereka menjadi idola baru," katanya.

Kang Emil juga menargetkan agar Jabar meraih prestasi pada PON di Papua. Emil menargetkan Jabar meraih juara satu.

"Ini cerminan optimisme dan Jawa Barat merefleksikan kebahagiaan ini. Kita menargetkan juara satu juga di PON Papua. Mudah-mudahan semangat juara hadir," kata dia.

Kang Emil mengatakan pemberian hadiah Rp 500 juta tersebut terdiri dari Rp 300 juta dari Pemprov Jabar dan Rp 200 juta dari Bank BJB.

"Kita kasih Rp 500 juta. Rp 300 juta dari Pemda Provinsi dan Rp 200 juta dari BJB. Serta sumbangan dari Eiger juga untuk belanja gratis," kata Emil.

Selain pemberian kadedeuh bagi para atlet berprestasi, momen hari jadi Jabar juga digunakan untuk pemberian penghargaan bagi nasabah bank BJB. Pemberian penghargaan itu sudah dilakukan sebelumnya secara berkala.

Secara total, ada 23 unit mobil, 100 lebih sepeda motor, puluhan paket umrah hingga tabungan senilai jutaan rupiah diberikan kepada lebih dari 300 nasabah.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldy mengatakan program penghargaan nasabah setia merupakan bentuk apresiasi perusahaan terhadap para nasabah yang telah mempercayakan Bank BJB sebagai mitra dalam pengelolaan keuangannya.

"Program ini merupakan bentuk penghargaan kami kepada para ASN yang selama ini telah menjadi mitra yang setia, baik dalam menunjang pertumbuhan usaha, maupun dalam berkolaborasi untuk membangun negeri," ujar Yuddy.

(dir/mso)