Panorama 360

Pesona Situ Lengkong Panjalu Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 09:49 WIB
Situ Lengkong Panjalu Ciamis
Situ Lengkong Panjalu (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Situ Lengkong Panjalu merupakan salah satu satu obyek wisata andalan di Ciamis, Jawa Barat. Danau ini menjadi tujuan para peziarah dari berbagai daerah.

Situ Lengkong berada di sebelah utara Ciamis. Tepatnya di Panjalu.

Selain memiliki panorama yang indah, di tengah danau ini terdapat pulau dengan luas sekitar delapan hektare bernama Cagar Alam Nusa Gede. Di tempat tersebut terdapat makam leluhur Panjalu.

Juru kunci Nusa Gede Situ Lengkong, Abdul Azis mengatakan, air 'zamzam' di Situ Lengkong ini dipercaya dapat memberikan keberkahan. Namun ini hanya perantara saja, karena seseorang harus tetap istikamah dengan mencari rida yang Maha Kuasa.

Sebelum pandemi, peziarah datang dari berbagai daerah di antaranya Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan. Selain itu, wisatawan asal Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.

Saat ini, Pemkab Ciamis melalui dinas pariwisata menutup sementara obyek wisata alam Situ Lengkong sampai batas waktu yang belum ditentukan. Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia, membenarkan hal tersebut. Pemkab Ciamis sudah menggelar rapat bersama pemerintah desa, kecamatan, dan tokoh masyarakat.

Seluruh pihak sepakat untuk menutup obyek wisata Situ Lengkong Panjalu. "Situ Lengkong Panjalu ditutup sementara sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut. Ini juga berdasarkan instruksi Bupati Ciamis Nomor 441/12-Huk/2021 tentang PPKM Mikro Guna Pengendalian penyebaran COVID-19," ujar Budi.

(bbn/bbn)