Catat! Ini Kendaraan yang Boleh Lewat Ganjil-Genap di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 18:28 WIB
Ganjil genap di Bandung.
Pemberlakuan ganjil-genap kendaraan di Kota Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Kebijakan ganjil-genap diberlakukan di Kota Bandung guna menekan mobilitas warga selama PPKM. Ada beberapa kendaraan yang dikecualikan melintas ke area ganjil-genap. Apa saja?

"Yang dikecualikan adalah angkutan umum, TNKB pelat merah, diplomatik dan angkutan umum online. Kemudian juga kendaraan dinas, kendaraan COVID-19, kendaraan kesehatan ambulans, pemadam dan angkutan barang logistik," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung M Ricky Gustiadi saat meninjau pemberlakuan ganjil genap di simpang Tamblong-Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (13/8/2021).

Ricky mengatakan pemberlakuan ganjil-genap tersebut akan dilakukan pada hari kerja dan akhir pekan. Ganjil-genap akan diberlakukan pagi hari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB dan pukul 16.00 WIB sampai 18.00 WIB.

"Ini kita coba sosialisasi ke masyarakat, bahwa di tanggal ganjil, yang boleh di lewati ruas jalan adalah kendaraan nomor akhir ganjil. Kemudian untuk kendaraan genap hanya boleh pada tanggal genap," tutur Ricky.

Dua titik ruas jalan diberlakukan ganjil-genap yaitu Jalan Asia Afrika mulai dari simpang Tamblong-Asia Afrika hingga ke simpang Asia Afrika-Otista kemudian ruas Jalan Ir H Juanda dari Simpang Dago-Cikapayang hingga Simpang Dago-Dipatiukur.

"Itu yang kita memberlakukan mulai hari ini, tanggal 14 Agustus sampai tanggal 16 Agustus. Setelah itu kami evaluasi kembali," kata Ricky.

Dia menjelaskan pihaknya akan melakukan evaluasi untuk memperpanjang atau tidak ganjil-genap tersebut. "Menunggu nanti setelah kita evaluasi, kita lapor ke satgas covid, nanti dievaluasi di ratas. Cuma tiga hari ini uji coba, nanti apakah berlanjut atau tidak itu keputusan pimpinan," ucap Ricky.

(dir/bbn)