ADVERTISEMENT

Warga Jabar Diimbau Tak Gelar Agustusan yang Memicu Kerumunan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 15:36 WIB
Sejumlah warga ikut serta dalam lomba panjat pinang yang diselenggarakan di Ancol. Mereka memburu beragam hadiah menarik untuk dibawa pulang.
Ilustrasi panjat pinang saat perayaan Agutusan. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Bandung -

Polisi mengimbau masyarakat tak menggelar acara perayaan 17 Agustus berkaitan HUT RI yang bisa menimbulkan keramaian dan kerumunan. Sebab saat ini pemerintah menerapkan PPKM demi menekan kasus penularan COVID-19.

"Kami imbau kepada masyarakat untuk memahami pandemi ini. Memang kita rindu perayaan Agustusan, tapi tolong kami imbau supaya tidak ada perayaan syukuran," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago, Jumat (13/8/2021).

Hari kemerdekaan 17 Agustus sendiri akan berlangsung pekan depan. Erdi mengatakan imbauan tak merayakan hari kemerdekaan dengan beragam acara semata-mata guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Karena ini menyangkut pandemi sekarang ini," kata dia.

Dia menambahkan untuk memperingati hari kemerdekaan bisa dilakukan di rumah. Hal itu tak akan mengurangi khidmat dalam merayakan kemerdekaan.

"Jadi kita bisa syukuran di rumah tanpa mengurangi khidmatnya acara 17-an," kata Erdi.

Terkait upacara kemerdekaan, menurut dia, pihaknya juga mengimbau agar upacara bisa dilakukan dengan virtual seperti tahun sebelumnya. "Melihat dari tahun kemarin dengan kondisi seperti ini kita melakukan upacara itu secara daring, jadi tidak ada keramaian, upacara itu ada, tapi keramaian itu tidak ada," tutur Erdi.

(dir/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT