Terkesan dengan Command Center Sumedang, Rossa: Wow Keren Banget

Nur Aziz - detikNews
Rabu, 11 Agu 2021 13:39 WIB
Rossa terkesan dengan kecanggihan Command Center Sumedang
Rossa saat mengunjungi Command Center Sumedang (Foto: Nur Aziz)
Sumedang -

Diva Indonesia, Rossa mengunjungi Kantor Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang, Rabu (11/8/2021) pagi. Rossa terkesan dengan IPP Sumedang.

Dalam kunjungannya, Rossa yang disambut langsung oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir langsung diajak berkeliling ke beberapa ruangan, salah satunya ke gedung Command Center Sumedang.

Rossa yang memang asli asal Sumedang, tampak terpukau saat Bupati Sumedang mempresentasikan cara kerja sejumlah aplikasi di gedung Command Center.

"Wow keren banget, bangga deh, tahun lalu belum adakan," ujar Rossa saat menyimak presentasi dari Bupati Sumedang

Menurut Rossa, ini menjadi salah satu terobosan luar biasa di Kabupaten Sumedang terutama untuk meningkatkan kinerja para ASN.

"Senang banget bisa diundang perkembangannya luar biasa, mantap pokoknya, tinggal kerja, kerja, kerja," kata Rossa.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir kepada Rossa menceritakan awal mula berdirinya gedung Command Center. Menurut Dony, gedung Command Center berdiri berawal dari pertemuannya dengan Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil.

Saat itu, lanjut Dony, Ia mengungkapkan keinginannya untuk memiliki gedung Command Center seperti yang dimiliki oleh Kota Bandung.

"Saya bilang ke kang Emil, saya ingin punya gedung Command Center dan saya akan kalahkan Kota Bandung," kata Bupati kepada Rossa dengan nada bercanda.

Dony menjelaskan Command Center menjadi pusat data tentang sekelumit pemerintahan dan data masyarakat Sumedang.

"Command Center ini memiliki konsep dari data, dikasih atensi jadi informasi, dan dari informasi jadi knowledge atau pengetahuan, lalu insight atau wawasan, lalu jadi wisdom kebijakan dan akhirnya understanding kita mengambil kebijakan dari data ini salah satunya," papar Bupati.

Setelah melihat-lihat gedung Command Center, Rossa dan Bupati Sumedang pun melanjutkannya dengan kegiatan, berupa Colabs bareng untuk acara Podcast yang membahas tentang pembangunan di Kabupaten Sumedang berbasis teknologi.

(mud/mud)