Viral Video Aksi Pemalak Modus Jual Paksa Bendera di Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 20:21 WIB
Cianjur -

Video pemalakan bermodus jual paksa bendera Merah-Putih viral di media sosial. Aksi tersebut terjadi di Jalaran Raya Cidaun, Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Video itu diunggah akun instagram @dashcam_owner_Indonesia. Tertulis jika aksi jual paksa itu terjadi di Sindangbarang Cianjur dan berlangsung pada 9 Agustus 2021.

"Apakah ini namanya pemalakan liar terhadap mobil pelat luar?" tulis akun @dashcam_owner_Indonesia.

Pada video berdurasi 44 detik, pengendara mobil tiba-tiba dihentikan dua orang pria. Salah satunya langsung mengingat bendera berukuran kecil di wiper.

Pengemudi langsung diminta uang Rp 10 ribu. Meski sudah menolak, kedua pria tersebut tetap memaksa meminta uang dan tidak membuka bendera tersebut dengan alasan sudah terikat kencang.

"Wios candak deui, da teu aya deui. Wios we candak deui kanggo nu sanes. (Tidak apa, ambil lagi saja (benderanya), (uangnya) tidak ada lagi. Biar ambil lagi saja untuk yang lain," ucap pengendara dalam video tersebut.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan pihaknya sudah menyelidiki aksi pemalakan tersebut. "Kalau ditemukan kita akan tindak tegas, karena merupakan bentuk premanisme juga. Apalagi dari informasi yang beredar, terjadi pada pengendara dari luar daerah," ucap dia saat ditemui di pendopo Cianjur, Selasa (10/8/2021).

"Kita masih dalami apakah pelaku warga luar, warga sekitar atau dari salah satu kelompok," ucapnya.

Dia mengimbau warga melapor ke polisi jika menemukan aksi premanisme berkedok jual bendera. "Segera laporkan jika memang terjadi," ujar Doni.

(bbn/bbn)