PPKM Level 2-4 Diperpanjang, Penyekatan di Jabar Masih Berlaku?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 15:25 WIB
Petugas gabungan melakukan penyekatan kendaraan wisatawan di perbatasan Garut-Bandung. Puluhan kendaraan terpaksa putar balik.
Ilustrasi penyekatan kendaraan. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Bandung -

Pemerintah resmi memperpanjang PPKM Level 2-4 di Jawa-Bali. Penyekatan-penyekatan jalan di Jawa Barat masih dilakukan?

"Tapi kita lihat dulu, tidak semua kota kita lakukan penyekatan, jadi ada ring satu, dua dan tiga. Seperti di Kota Bandung penyekatannya beda dengan Purwakarta, karena di Purwakarta kan lebih banyak jalan utamanya," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (10/8/2021).

Dia menjelaskan dengan adanya perpanjangan PPKM ini, Jabar masih ikut memberlakukan PPKM. Namun, kata Erdi, tak semua daerah di Jabar masuk ke level empat.

"Terkait masalah level empat itu kita punya aturan tersendiri terkait urusan berpergian, bahkan untuk tempat hiburan dan wisata itu kan masih ditutup, tidak boleh. Terkait dengan keinginan masyarakat luar kota ke Bandung, tentunya kita akan lakukan penyekatan," tuturnya.

Menurut Erdi, penyekatan bersifat situasional mengingat kondisi di daerah masing-masing. "Karena kita lihat dari PPKM level kota itu, seperti di Bandung masih level 4, kita tidak mau kembali lagi melonjaknya penderita covid yang ada di Kota Bandung," kata Erdi.

Sekadar diketahui, pemerintah pusat diketahui mengumumkan adanya perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 di Jawa-Bali dan non Jawa-Bali. PPKM Level 2-4 akan diperpanjang hingga 16 Agustus.

(dir/bbn)