Walkot Oded Berharap PPKM Tak Diperpanjang, Ini Respons IDI Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 18:45 WIB
Poster
Ilustrasi PPKM (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap agar PPKM tidak diperpanjang. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat merespons keinginan Oded. Apa kata IDI Jabar?

"Kalau permintaan sih ya bisa saja, tapi kan kita mengacu ke kebijakan pemerintah pusat nanti. Pemerintah juga mengambil kebijakan memperpanjang ataupun tidak tentu dengan pertimbangan matang dengan parameter yang sudah ada data," ucap Ketua IDI Jabar Eka Mulyana saat dikonfirmasi, Senin (9/8/2021).

Eka mengatakan berdasarkan pengamatannya PPKM di Kota Bandung berimbas positif. Mulai dari persentase BOR hingga antrean di IGD.

"Kemarin kan PPKM juga kan saya kira bukan tanpa hasil ya, BOR turun, antrean di IGD ada penurunan walaupun angka kejadian masih ada. Jadi parameternya banyak, salah satunya adalah positivity rate. Positivity rate itu kan minimal lima persen kalau misalnya di atas lima persen ini tentunya jadi salah satu pertimbangan juga dari aspek epidemiologi," tuturnya.

Sebab itu, kata Eka, permintaan Oded memang wajar. Namun, hal itu tergantung dari keputusan presiden yang sudah mendapatkan kajian.

"Saya kira bukan sepakat atau tidak sepakat. Saya kira kalau parameternya tadi jelas, ternyata masih parameternya positif rate di atas lima persen serta reproduksi menambah dan lainnya, tentu bukan tidak mungkin diperpanjang lagi. Jadi pasti presiden nanti malam akan memberikan kebijakan yang terbaik buat semuanya," ujar Eka.

Sekadar diketahui, Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap, PPKM Level 4 tidak diperpanjang. "Harapan saya, sebagai wali kota tidak diperpanjang. Karena masyarakat sudah lelah," ujar Oded di Pendopo Kota Bandung.

(dir/bbn)