4 Pesawat US Air Force Singgah di Bandara Kertajati, Ada Apa?

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 13:49 WIB
Pesawat Amerika
Pesawat Boeing C-17 Globe Master milik US Army saat dinggah di BIJB. (Foto: dok.BIJB)
Bandung -

Tentara Nasional Indonesia dan US Army menggelar latihan bersama 'Garuda Shiled 15/2021'. Latihan terbesar sepanjang sejarah kerjasama RI-Amerika Serikat ini dimulai dari 1 hingga 14 Agustus 2021.

Di sela-sela latihan, empat pesawat US Air Force singgah di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Keempat pesawat berjenis US Air Force Boeing C-17 Globe Master yang mengangkut personel US Army itu mendarat untuk mengisi bahan bakar.

Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT BIJB (Perseroda) Ibut Astoni mengatakan, singgahnya pesawat tempur tersebut menjadi bukti bahwa fasilitas BJB siap mendukung Kegiatan Latma Garuda Shield 15/2021.

"Ini membuktikan bahwa seluruh fasilitas Bandara Internasional Kertajati siap mendukung Kegiatan Latma Garuda Shield 15/2021 pada khususnya, dan penerbangan komersial pada umumnya," ujar Ibut dalam keterangannya, Senin (9/8/2021).

Sebelumnya,TNI Angkatan Darat (AD) menggelar latihan bersama dengan US Army di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Martapura, Batu Raja, Sumatera Selatan (Sumsel). Kegiatan ini diklaim sebagai latihan bersama terbesar sepanjang sejarah kerja sama militer Indonesia dan Amerika Serikat.

Pesawat AmerikaPesawat Boeing C-17 Globe Master milik US Army saat dinggah di BIJB. (Foto: dok.BIJB)

Dikutip detikcom dari keterangan tertulis Dinas Penerangan (Dispen) AD, Kamis (5/8/2021), upacara pembukaan latihan bersama ini dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Commanding General USARPAC General Charles A. Flynn pada Rabu (4/8). Keduanya menjadi inspektur pada upacara pembukaan Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield ke-15 Tahun 2021.

Para personel TNI dan US Army akan berlatih materi militer, yakni Staff Exercise, Field Training Exercise (FTX), Live Fire Exercise (LFX), Aviation dan Medical Exercise (Medex), Joint Combined Exchange Training (JCET) dan Garuda Airborne.

Baik Andika maupun Flynn berharap latihan ini tak hanya meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, tapi juga kemampuan prajurit TNI AD dan US Army. Latihan ini diikuti 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 US Army.

Lihat juga video 'Pesawat Bolak-balik Terbang Rendah di Tangerang Bikin Heboh':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)