Karawang Terima 45 Ribu Vial Vaksin dari Kemenkes

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 19:59 WIB
Sejumlah pedagang di Bandung menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi COVID-19 dilaksanakan di mal dan toko swalayan di Kota Bandung.
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Karawang -

Pemkab Karawang mendapatkan kiriman 45.000 vial vaksin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Hal tersebut diungkapkan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

"Malam tadi, kami sudah menerima 45.000 vial vaksin untuk Karawang, dan sudah jalan untuk dosis kedua," kata Cellica usai sosialisasi PPKM Level 3 di Hotel Akshaya Karawang, Rabu (4/8/2021).

Pada Senin nanti, pihaknya akan memulai vaksinasi keluarga, yang menjadi percontohan oleh Kemenkes dan BKKBN Pusat. "Mulai hari Senin depan untuk vaksinasi keluarga. Jadi, pak Menkes, dan Pak Hasto dari BKKBN akan menjadikan Karawang sebagai percontohan vaksinasi keluarga, melalui BKKBN pusat, untuk LO (Liaison officer) semua bidan praktek, di luar Bidan Puskesmas dan di luar Bidan Rumah Sakit, ada 331 orang. Targetnya 200 ribu vaksin per minggu, based on-nya kartu keluarga," tutur Cellica.

Sebelumnya, pekan lalu, Dinkes Karawang mengakui pihaknya minim ketersediaan vial vaksinasi. "Saat ini antusias masyarakat yang sangat tinggi untuk vaksinasi, namun ketersediaan vial masih belum mencukupi dari target," kata Kadinkes Endang Suryadi, Senin (2/8).

Mengantisipasi hal itu, ia mengakui telah melakukan pengajuan permohonan vaksin ke Dinkes Jabar dan Kemenkes. "Kami sudah ajukan melalui surat, juga melalui komunikasi telepon, dan melobi Dinkes Jabar, dan Kemenkes untuk pengiriman vial vaksin," ucap Endang.

(bbn/bbn)