Catat! Ini Aturan Pengunjung Mal di Karawang Saat PPKM Level 3

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 11:08 WIB
Poster
Ilustrasi PPKM (ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Karawang -

Pemkab Karawang mengatur operasional mal, dari mulai aturan waktu hingga penerapan prokesnya saat PPKM Level 3. Wabup Karawang Aep Syaepuloh sudah membahas penerapan aturan PPKM Level 3 di mal ini sesuai surat edaran bupati Karawang.

"Jadi, tadi telah dihasilkan beberapa poin, untuk mengawasi dan mengatur pembukaan mal di Karawang, sesuai aturan PPKM Level 3 yang ditetapkan pemerintah pusat, juga surat edaran bupati," kata Aep saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (4/8/2021).

Poin pertama yakni tetap menerapkan prokes secara ketat. "Jadi kami imbau untuk manajemen mal, agar memperhatikan penerapan prokesnya, tetap diketatkan. Seperti pemakaian masker, penyediaan hand sanitizer, pembatasan jumlah pengunjung, dan jaga jarak," tuturnya.

Kemudian, poin kedua, yakni soal vaksinasi kepada pekerja mal atau para tenant. "Jangan sampai pengunjungnya sudah divaksinasi, pelayanan malnya malah belum," ucap Aep.

Selanjutnya, pengawasan pengunjung berkaitan penggunaan masker non-medis dan medis. Aep meminta pengelola mal memerhatikan hal tersebut.

"Pihak mal harus tegas kepada pengunjung yang kedapatan menggunakan masker kain. Masker kain tingkat filterasi atau penyaringnya punya tingkatan yang rendah. Berbeda dengan masker medis, tapi kalau masker di-double tidak apa apa, masker medis untuk dasar. Masker kain untuk di luar," tuturnya.