Karawang PPKM Level 3, Rencana Pembukaan Mal Segera Dibahas

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 11:52 WIB
Pusat perbelanjaan The Park Solo Baru di Sukoharjo, Jawa Tengah, masih sepi pengunjung. Sebagian gerai masih tutup karena menunggu surat pelonggaran PPKM dari bupati.
Ilustrasi mal (Foto: Agung Mardika)
Karawang -

Sudah memasuki PPKM Level 3, Pemkab Karawang berencana akan membahas pembukaan mal. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu humas pengelola Mal di Karawang.

"Rencana hari ini, para pengelola mal akan diundang dalam rapat koordinasi penerapan PPKM Level 3 di Karawang, dan sepertinya membahas juga terkait pembukaan mal," kata Rizki Setiawan, Property Manager salah satu mal di Karawang saat dihubungi, Selasa (3/8/2021).

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. Dalam akun media sosial pribadinya, ia mengungkapkan malam tadi diumumkan wilayahnya masuk dalam penerapan PPKM Level 3, bersama 7 kabupaten lainnya di Jawa Barat.

"Jadi semalam diumumkan, ada 8 kota atau kabupaten yang harus menerapkan PPKM Level 3, yakni Sukabumi, Pangandaran, Majalengka, Cirebon, Cianjur, Ciamis, Kota Tasikmalaya dan Karawang," ungkap Cellica dalam rilis yang disiarkannya di media sosial pribadinya.

Dikatakannya, penerapan PPKM level 3 di Karawang sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri, yakni dari tanggal 3 sampai 9 Agustus.

"Sama seperti yang diinstruksikan pemerintah pusat melalui Kemendagri, dari tanggal 3 sampai 9 Agustus, kita akan menerapkan PPKM level 3," ungkapnya.

Lanjutnya, Cellica berharap Karawang bisa masuk level 2, seperti Kabupaten Tasikmalaya.

"Semoga ke depannya, kita bisa seperti Kabupaten Tasikmalaya yang berada di level 2," harapnya.

Namun demikian, ia mengakui, tidak mudah dalam penanganan covid-19 di Karawang.

"Memang tidak mudah, apalagi kita tahu bahwa Karawang memiliki karakteristik penanganan tersendiri, yang memang perlu effort dan passion lebih untuk kita bekerja keras, bekerjasama, bekerja ikhlas dan selalu berjalan konsisten, dan kerja keras daru semua pihak, serta do'a yang akhirnya bisa menghantarkan kita saat ini di posisi yang lebih baik dari sebelumnya," tandasnya.

Adapun penerapan pembatasan yang diberlakukan untuk Mal, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Wiyalayah Jawa dan Bali.

Di daerah yang memberlakukan PPKM Level 3, kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Untuk supermarket, pasar rakyat, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

(mud/mud)