PPKM Kota Serang Turun ke Level 3, Pandeglang Naik Level 4

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 09:09 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Serang -

Terjadi perubahan penerapan PPKM Level berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 27 tahun 2021 yang diterapkan di Provinsi Banten. Daerah yang tadinya berada di level 3 malah berubah menjadi level 4 saat aturan ini diperpanjang hingga 9 Agustus.

Daerah PPKM Level 3 adalah Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kota Serang. Sedangkan Level 4 adalah Kota Tangsel, Kota Tangerang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang dan Kota Cilegon.

Ada perubahan zona resiko ini dibandingkan penerapan PPKM sebelumnya yang berlaku dari 26 Juli-2 Agustus. Kota Serang turun ke Level 3 tapi Kabupaten Pandeglang malah naik menjadi Level 4 saat aturan ini diperpanjang.

Jubir Satgas COVID-19 Kota Serang Hari Pamungkas mengatakan ada beberapa alasan kenapa daerahnya turun ke level 3. Salah satu indeks yang diukur adalah pergerakan mobilitas yang ditekan hingga 30 persen, penurunan bed occupancy rate atau BOR di ICU dan tempat isolasi di rumah sakit.

"BOR ICU kurang lebih turun jadi 86 persen dan isolasi menjadi 70 persen. Tingkat penularan kita walaupun masih tinggi tapi jauh berkurang, sekarang kurang lebih potensial ratenya 11 persen," kata Hari kepada detikcom, Serang, Selasa (3/8/2021).

Penerapan 3T atau testing, tracing, treatment di atas 1.500 penduduk setiap hari dioptimalkan selama PPKM. Target tersebut juga setiap hari tercapai berdasarkan kewajiban dari instruksi Kemendagri.

Meski turun ke PPKM Level 3, mobilitas warga tetap akan ditekan sampai target 50 persen dari total penduduk. Jalur arteri tetap ditutup pada pukul 20.00 WIB beserta pemadaman lampu penerangan jalan.

"Jalur arteri masih akan kita tutup sampai tanggal 9, tapi ada beberapa keringanan yang diperkenankan contoh mal dibuka kapasitas 25 persen sampai jam 5 sore, seperti PKL dan tempat makan kalau tidak salah 30 menit," ujarnya.

(bri/mso)