Jabar Hari Ini: Heboh Anggaran Sewa Helikopter Wagub-Tempat Kemping Dibongkar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 20:08 WIB
Tempat camping Pineus Tilu di Pangalengan, Bandung
Tempat kemping di Bandung dibongkar petugas (Foto: Instagram @pineustilu)
Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jawa Barat hari ini, Senin (2/8/2021) dari mulai anggaran helikopter Wakil Gubernur Jabar Rp 600 juta hingga tempat kemping di Pangalengan dibongkar petugas.

Anggaran Rp 600 Juta Sewa Helikopter untuk Wagub Jabar

Pemprov Jabar melakukan rencana pengadaan langsung sewa helikopter untuk mobilitas Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum sebanyak 8 paket per bulannya dari Februari hingga September 2021. Di tengah masa pandemi COVID-19 ini, pagu anggaran untuk masing-masing paket itu sebesar Rp 75 juta atau total Rp 600 juta.

Sebagaimana dilihat detikcom dari laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SIRUP LKPP), hari ini, ada 10 paket yang muncul bila dimasukkan kata 'sewa helikopter' dalam kotak pencarian.

Delapan dari 10 paket yang muncul di antaranya adalah paket Sewa Helikopter Mobilitas Wakil Gubernur mulai dari Paket 1 hingga 8 dengan metode pengadaan langsung, yang dimulai dari bulan Februari hingga September.

Dalam tabel tersebut, tertera rencana pengadaan itu dilakukan Pemprov Jabar di bawah satuan kerja Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat, dengan lokasi rencana pengadaan paket di Kota Bandung, Jawa Barat. Situs tersebut bisa diakses oleh publik dengan mengakses laman https://sirup.lkpp.go.id/.

Anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Jawa Barat Abdy Yuhana mengaku baru mengetahui, ada rencana pengadaan untuk sewa helikopter. Pihaknya pun akan melakukan tindak lanjut dengan mengklarifikasi sejumlah pihak terkait rencana tersebut.

"Ya pasti dimintakan klarifikasi terkait anggaran tersebut, apakah anggaran heli itu sudah menjadi kebutuhan? Atau apakah anggaran tersebut digunakan?" ujar Abdy saat dikonfirmasi detikcom.

Bila mengacu kepada sejumlah pemberitaan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun kerap menggunakan helikopter untuk agenda kedinasan.

Pada 2018, Emil menggunakan helikopter saat meninjau lokasi bencana angin puting beliung di Bogor, kemudian dia meninjau lokasi banjir di Bogor dan Bekasi pada 2020. Kemudian meninjau persiapan AKB di Pangandaran pada 2020 dan terakhir saat meresmikan jembatan di Sukabumi pada 2021.

Sementara itu, Pjs Kabiro Administrasi Pimpinan Setda Jabar Hermansyah mengatakan, anggaran yang digunakan akan dialihkan untuk penanganan kesehatan di masa pandemi.

Menurutnya, sejauh ini wakil gubernur baru satu kali menggunakan jasa layanan helikopter di tahun 2021 ini. Penggunaan helikopter itu dilakukan saat meninjau lokasi banjir di banjir di Bogor, kala itu dalam kondisi mendesak karena akses kendaraan menuju lokasi bencana tertutup.

"Jadi memang dipakai untuk kebutuhan mendesak, saat itu ke Bogor akses roda empat tertutup, karena aksesnya tertutup jadi ya memang lewat udara," ujarnya.

Seperti diketahui, anggaran untuk menyewa helikopter ini dialokasikan total sebesar Rp 600 juta. Pagu tersebut dibagi ke dalam delapan paket terhitung dari Februari hingga September, dengan masing-masing paket Rp 75 juta per bulannya.

"Memang ada anggaran itu di adpim, kita memang penyediaan saja. Itu sebenarnya enggak dipakai, baru sekali. Saat bulan Februari saja, nanti siasanya kira-kira akan kita refocusing semuanya, kita akan lakukan pada Agustus dan September ini, jadi untuk penanganan kesehatan COVID-19," tuturnya.

Seperti diketahui, UuRuzhanulUlum pernah mengunggah foto berlatar belakang satu unit helikopter. Dia berpose bersama sang istri. Foto itu diunggah Uu via akun Instragram-nya @ruzhanul.