PPKM Belum Jelas, Pemkab Pandeglang Putuskan Pilkades Digelar 15 Agustus

Rifat Alhamidi - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 16:46 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
(Foto: Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Pandeglang -

Pemkab Pandeglang memutuskan pelaksanaan Pilkades serentak akan digelar pada 15 Agustus 2021. Keputusan itu diambil saat nasib PPKM Jawa-Bali belum diputuskan akan diakhiri atau diperpanjang.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang Doni Hermawan mengaku keputusan itu diambil berdasarkan beberapa faktor. Salah satunya, angka penyebaran COVID-19 di Pandeglang yang ia klaim sudah melandai dengan tingkat kesembuhan warga meningkat.

"Jadi begini, beberapa hari terakhir kasus COVID di Pandeglang itu sudah mulai landai. Akhirnya kami putuskan Pilkades itu targetnya bisa dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus," katanya saat berbincang dengan detikcom di Pandeglang, Banten, Senin (2/8/2021).

Meski demikian, Doni menyebut tanggal pelaksanaan pilkades di Pandeglang bisa diundur kembali jika PPKM Jawa-Bali diputuskan diperpanjang oleh pemerintah. Jika PPKM dilanjutkan, otomatis akan turun surat instruksi Mendagri yang memerintah gelaran pilkades untuk ditunda.

"Itu otomatis, kalau misalnya dari pusat itu dimundurkan lagi PPKM-nya, ya kita mundurkan lagi tahapan pilkades ini. Hanya harapan kita, tahapan pilkades ini enggak terlalu jauh setelah ada keputusan soal PPKM," ungkapnya.

"Karen begini, kita enggak mau kecolongan pada saat diputuskan PPKM, pelaksanaan pilkades ini terlalu jauh. Tahapan-tahapannya juga kan nanti merugikan calon, calon itu berharap sesegera mungkin tapi kan kita tidak mungkin melanggar aturan pemerintah pusat. Jadi, harapannya di tanggal segitu Pandeglang sudah siap dengan kondisi COVID yang memang sudah melandai," tambahnya.

Sebelumnya diketahui, gelaran Pilkades serentak 207 desa di Pandeglang, Banten dipastikan ditunda lagi dari rencana awal pada 8 Agustus 2021. Penundaan tersebut merupakan imbas diperpanjangnya PPKM untuk Pulau Jawa-Bali.

Tadinya, pemda memutuskan gelaran pilkades akan ditunda dengan menentukan dua opsi tanggal pelaksanaan yaitu di tanggal 22 Agustus dan 29 Agustus 2021. Kedua tanggal ini pun akan disesuaikan kembali dengan kabupaten lain yang juga menggelar pelaksanaan pilkades.

Namun kini, pemda memajukan tahapan pelaksanaan tersebut. Keputusan itu pun resmi disahkan pada pekan lalu yang akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2021.

(mud/mud)