Heboh Bus 'Oleng' di Kuningan, Pemilik PO Minta Maaf-Pecat Sopir

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 14:08 WIB
Aksi Bus Oleng di Kuningan
Foto: Aksi bus oleng Kuningan (tangkapan layar video akun @dashcam_owners_indonesia).
Kuningan -

Pemilik PO Tunggal Jaya Transport Didi Suhadi meminta maaf atas aksi bus 'oleng' yang dilakukan oleh salah satu sopirnya. Bahkan sopir bus tersebut diketahui telah dipecat oleh pihak PO Tunggal Jaya Transport.

"Memang benar itu unit kami, itu TKP-nya 50 meter dari garasi kami. Saya selaku owner memohon maaf kepada masyarakat dengan video tersebut yang viral," ucap Didi di kantor PO miliknya di Desa Bandorasawetan, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Senin (2/8/2021).

Didi juga menegaskan telah memberikan sanksi tegas kepada sopir yang saat itu mengemudikan bus dan melakukan aksi oleng yang membahayakan.

"Saya sudah tindak tegas sopir yang bersangkutan dengan memberikan SP3 atau pemberhentian atau dipecat," tegasnya.

Didi menjelaskan saat peristiwa terjadi bus yang dikemudikan sopir tersebut sedang membawa puluhan penumpang yang merupakan komunitas 'bus mania' asal Pemalang.

Ia sendiri mengaku awalnya tidak mengetahui jika salah satu sopirnya itu melakukan aksi oleng di jalan raya. Didi baru mengetahui setelah video oleng tersebut viral di media sosial.

"Itu acara trip bus mania, ada sekitar 40-an orang. Itu kunjungan ke garasi kami ada kunjungan balik dari rekan PO dari Pemalang karena sebelumnya bus mania dari kami kunjungan ke sana," ucap Didi.

"Kejadian ini diluar kendali kami, saya sekali lagi memohon maaf ke masyarakat," sambungnya.

Agar kejadian serupa tidak terulang, semua bus milik Didi yang berjumlah 10 unit telah dipasang stiker khusus bertuliskan stop bus oleng. Didi juga sudah mengingatkan agar sopir lainnya tidak melakukan aksi serupa.

"Tadi juga sudah dipasang stiker di kaca bus dan mengingatkan ke sopir lainnya agar jangan oleng-oleng lagi lah, utamakan keselamatan," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Video yang menampilkan aksi berbahaya sopir bus viral di media sosial. Video itu diunggah oleh akun instagram @dashcam_owners_indonesia pada Minggu (1/8).

Sebagaimana dilihat detikcom Senin (2/8/2021), dalam video viral tersebut terlihat bus sengaja melakukan zig-zag seolah oleng. Padahal saat itu, bus 'oleng' ini penuh dengan penumpang.

Kasatlantas Polres Kuningan AKP Tahir Muhidin membenarkan video viral bus oleng itu terjadi di Kabupaten Kuningan. "Iya benar kejadiannya di wilayah kami. Kami akan cek ke lokasi PO," kata Tahir via pesan singkat.

Tonton juga Video: Terekam CCTV! Detik-detik Truk Oleng dan Terguling di Tasikmalaya

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)