3 Matra TNI Keroyokan Percepat Target Vaksinasi di Sumedang

Nur Aziz - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 13:25 WIB
3 matra TNI keroyokan percepat vaksinasi di Sumedang
3 matra TNI keroyokan percepat vaksinasi di Sumedang (Foto: Nur Aziz)
Sumedang -

3 matra TNI menggelar serbuan vaksinasi sebanyak 2.500 vaksin di Kabupaten Sumedang. Hal itu lantaran masih rendahnya target vaksinasi di Sumedang.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, serbuan vaksinasi dilaksanakan agar program vaksinasi dapat merata. Berdasarkan informasi yang diterima, kata Yudo, vaksinasi di Kabupaten Sumedang kurang dari 17 persen.

"Serbuan vaksin di Kabupaten Sumedang ini akan menyasar 2.500 warga Sumedang," kata Yudo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gor Tadjimalela, Kabupaten Sumedang, Senin (2/8/2021).

Menurut Yudo, TNI AL sendiri sejauh ini telah melakukan penyasaran ke sejumlah daerah terpencil atau pesisir, seperti daerah pelabuhan dengan menyisir masyarakat nelayan dan masyarakat perikanan.

"Vaksinasi secara merata penting dilaksanakan agar dapat mencapai herd immunity," terangnya.

Ke depan, kata Yudo, pihaknya bersama TNI AU, TNI AD, POLRI serta unsur lainnya akan fokus melaksanakan serbuan vaksinasi ke daerah-daerah yang tingkat vaksinasinya masih rendah, seperti di Sumedang ini.

"Ke depan kami akan bersama-sama akan melakukan serbuan vaksin ke daerah yang vaksinasinya masih rendah," katanya.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengakui bahwa tingkat vaksinasi di Sumedang baru mencapai 15 persen. Hal itu, lanjut Dony lantaran Sumedang kerap kali masih pada wilayah status zona kuning dan oranye.

"Sedangkan pemerintah pusat prioritas vaksinnya itu ke daerah zona merah," ujar Dony, seusai mendampingi Laksamana TNI Yudo Margono.

Untuk meningkatkan target vaksinasi, Kata Dony, saat ini Pemkab Sumedang telah meminta pasokan tambahan vaksin kepada pemerintah provinsi dan pusat lantaran stok vaksin sudah mulai menipis di Sumedang.

"Kami juga menggandeng institusi lainnya seperti TNI, Polri, dan perguruan tinggi yang ada di Sumedang seperti kemarin ITB, Unpad, IPDN siap membantu pemerintah Sumedang dalam mempercepat vaksinasi," tutur Dony.

Dony, berharap target vaksinasi di Sumedang bisa segera tercapai. Oleh sebab itu, pasokan vaksin dari pemerintah pusat diharapkan bisa segera tiba di Kabupaten Sumedang.

"Tenaga medis dengan dibantu TNI dan Polri serta 35 puskesmas siap mempercepat vaksinasi di Sumedang ," pungkasnya.

(mud/mud)