Bupati Ciamis: Selama Kasus COVID Masih Tinggi, PPKM Berlanjut

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 02 Agu 2021 10:16 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya
Foto: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Tanggal 2 Agustus 2021 hari terakhir pelaksanaan PPKM level 3 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan meski berakhir, namun selama kasus COVID-19 masih tinggi PPKM berlanjut. Ditambah saat ini Ciamis masuk zona merah Corona.

"PPKM selama COVID-nya masih tinggi terus, paling tidak secara pribadi. Protokol kesehatannya tidak boleh abai," ucap Herdiat saat ditemui usai melantik pejabat di kantor BKPSDM Ciamis, Senin (2/8/2021).

Menurut Herdiat, selama PPKM darurat dan level 3, tingkat mobilitas masyarakat sudah mengalami penurunan. Tidak terjadi kerumunan di sejumlah titik keramaian. Sejumlah fasilitas umum pun masih ditutup.

"Mobilitas masyarakat sudah agak lengang, tapi yang lebih diutamakan adalah protokol kesehatan. Jadi ke depan penyekatan atau penutupan jalan tidak dilakukan," jelasnya.

Herdiat membenarkan saat ini Kabupaten Ciamis kembali di zona merah. Namun hal itu bukan karena tingginya penambahan kasus tapi karena tingkat keterisian ruang perawatan rumah sakit yang tinggi atau bed Occupancy rate (BOR).

"Untuk angka penambahan kasus sekarang terkendali. Hanya keterisian BOR tinggi terus masih banyak yang dirawat. Ketersediaan oksigen memang semua daerah juga sama karena banyak dibutuhkan, tapi kita terus upayakan ketersediaannya," jelasnya.

Jumlah penambahan kasus sampai saat ini, kasus positif aktif sebanyak 1.075 dengan rincian isolasi mandiri 1.009 orang dan dirawat 66 orang. Pasien yang sembuh mencapai 10.669 orang dari total kasus COVID-19 sebanyak 12.088. Sedangkan pasien meninggal sebanyak 344 orang.

Simak juga video 'Berakhir 2 Agustus, PPKM Level 4 Dinilai Bisa Saja Diteruskan':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)