Suasana Sunyi Area Favorit Klub Motor Saat PPKM di Sumedang

Nur Azis - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 21:51 WIB
Jalur Wisata Lingkar Timur Waduk Jatigede
Jalur wisata lingkar timur Waduk Jatigede, Sumedang. (Foto: Nur Azis/detikcom)
Sumedang -

Arus lalu lintas di jalur wisata lingkar timur Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, tampak sunyi, Sabtu (31/7/21) sore. Area favorit klub motor ini biasanya ramai sebelum masa PPKM.

Kendaraan bermotor yang melintas hanya ada beberapa kendaraan saja bahkan bisa dihitung dengan jari. Padahal menurut warga, saat akhir pekan, meriah oleh kendaraan wisatawan dan para pengendara sepeda motor baik dari lokal atau luar daerah.

"Kalau hari-hari biasa dan libur begini, biasanya di sini sangat ramai, soalnya wisatawan dan klub-klub motor pada datang ke sini," ucap Emeh (54) warga setempat.

Menurut dia, kondisi sepi ini berlangsung sejak pandemi COVID-19 serta diterapkannya PPKM Darurat dan PPKM Level 4. "Sejak adanya Corona, di sini selalu ada pengawasan oleh petugas, kalau ada yang bergerombol suka langsung dibubarkan," ujar Emeh.

Hal senada diungkapkan warga lainnya, Wandi (24). Jalur Lingkar Timur Waduk Jatigede selama ini menjadi spot nongkrongnya klub-klub motor.

"Biasanya disini rame banyak klub motor berjejer nongkrong kalau hari libur seperti ini, bisa dari penduduk sini atau dari Bandung, Cirebon, Indramayu bahkan dari Jakarta juga pernah ada," katanya.

Jalur Wisata Lingkar Timur Waduk JatigedeJalur wisata lingkar timur Waduk Jatigede, Sumedang. (Foto: Nur Azis/detikcom)

Namun, menurut Wandi, sejak PPKM Darurat dan PPKM Level 4, lokasi ini sering ditertibkan petugas. Sehingga sekarang sudah jarang lagi, bahkan tidak ada klub-klub motor yang nongkrong di pinggiran jalan.

"Sejak ada pandemi yang nongkrong-nongkrong dan bergerombol langsung dibubarkan petugas," ujar Wandi.

Dia berharap dengan adanya kebijakan PPKM, pandemi COVID-19 bisa segera berakhir dan kehidupan bisa kembali normal. "Semoga dengan PPKM ini kehidupan cepat kembali normal," tutur Wandi.

(bbn/bbn)