Cerita Uncle Teebob Jual Dua Mobil untuk Hidupi Dapur Umum Isoman

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 21:19 WIB
Uncle Teebob Jual Dua Mobil untuk Dapur Isoman
Dapur umum isoman di Jl Cipedes, Sukajadi, Kota Bandung. (Foto: istimewa)

Datangkan Chef Profesional

Urusan masak-memasak Uncle Teebob serahkan kepada seorang juru masak profesional, yang juga merupakan sahabatanya. Juru masak itu juga dibantu oleh ibu-ibu PKK yang berasal dari RW 5 Kelurahan Cipedes.

"Kita sediakan makanan bergizi dan kebetulan chef-nya kita datangkan dari Lombok, kebetulan kemarin Lombok tidak terdampak besar, dan dia mau, dia sahabat saya. Dia bilang gua enggak bisa bantu apa-apa tapi gua bisa masak, sering kita jalan ke lokasi bencana dia buka dapur umum. tadinya mau pakai nama Dapur Nusantara karena dari berbagai masakan di Indonesia," ujarnya.

"Dari asalnya 300-400 porsi, hingga 1.000 porsi, saya juga bikin di tempat lain. Kita ada empat dapur. Ada di daerah Sukasari, dua lagi di Kabupaten Bandung. Untuk meng-cover di daerah sana. Di sana kita dibantu UMKM, dan mereka tidak mencari untung, mereka bisa makan dari situ sudah bagus dan alhamdulillah sampai di titik 3.000 porsi per hari," tutur Uncle Teebob menambahkan.

Uncle Teebob Jual Dua Mobil untuk Dapur IsomanUncle Teebob (tengah) di lokasi dapur umum isoman. (Foto: istimewa)

Dalam satu hari, ia menaksir jumlah uang minimal yang harus dikeluarkan sebanyak Rp 30 juta. Hitungannya bila satu porsi senilai Rp 10.000. Untuk urusan pendanaan, selain menguras tabungan pribadi, juga dibantu oleh para sahabatnya.

"Untuk distribusi kita dibantu dari teman-teman dari kampus Widyatama, ISBI, Polteksos, Karang Taruna, mereka yang membantu kalau motor kita bantu untuk (uang) bensinnya saja. Teman-teman dari Karang Taruna juga yang baru dikeluarkan dari tempat kerjanya, mereka harus cari nafkah, susu, pampers kita bantu juga di sana, walau jumlahnya tak banyak. Mereka juga membantu kita mendistribusikan makanan bagi yang isoman atau terdampak," katanya.

Rencananya aksi baik yang dilakukan Uncle Teebob ini akan terus dilakukan semampunya, meski begitu, ia akui sang istri terus memberinya semangat. "Rencana dapur ya sampai tabungan habislah, istri saya sangat mendukung dan mau menambah. Kita diberi berlebih oleh Allah, tapi ada orang yang enggak makan di sekitar kita kan berdosa juga, ya kita akan lakukan yang terbaik," kata pemilik akun @uncle_teebob itu.


(yum/bbn)