BETA UFO Telusuri Jejak Penampakan Objek Misterius Terbang di Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 09:31 WIB
Bandung -

Komunitas pemerhati UFO, BETA UFO Indonesia, turut menelusuri penampakan objek misterius yang terbang di langit Kota Bandung pada Kamis (29/7/2021). Penelusuran yang mereka lakukan ialah dengan mewawancarai saksi-saksi dan mengumpulkan footage penampakan benda asing tersebut.

Kepada detikcom, Sabtu (31/7/2021), Pengurus BETA UFO Indonesia Fan Fan Darmawan mengatakan cukup sulit untuk menyimpulkan soal kepastian benda apa yang terbang di langit Bandung itu. Menurutnya ada dua kemungkinan yang bisa ditelusuri untuk menjawab misteri tersebut.

"Pertama, kemungkinan benda tersebut adalah balon dari sebuah upacara atau perayaan yang dilepas ke udara. Terdengar masuk akal meski di periode PPKM apakah ada upacara yg melibatkan pelepasan puluhan balon?" kata Fan Fan.

"Kedua, jarak dari lokasi peristiwa, ke Lanud Husein dan pangkalan AU Husein sekitar 2 atau 3 km saja. Jadi asumsi bahwa ini adalah bagian aktivitas AU, masih memungkinkan," ujarnya melanjutkan.

Fan Fan mengatakan, pihaknya menemukan ada enam orang yang menyaksikan peristiwa yang terjadi sekitar jam 08.30 itu. Para saksi merupakan pekerja di proyek bangunan sebuah hotel. Dari hasil wawancara ia menemukan bahwa saksi mata merupakan orang yang jujur dan tak memiliki tendensi untuk mencari sensasi.

"Untuk sampai pada kesimpulan apakah benda terbang tersebut adalah UFO atau benda lain yang bisa dijelaskan, tidak akan saya paksakan saat ini," tuturnya.

Terkait video yang beredar, ia memastikan tidak ada proses editing atau manipulasi digital dari video yang diedarkan oleh saksi. Namun sayangnya, ujar Fan Fan, saking terpesonanya saksi menyaksikan objek yang terbang tersebut, sehingga tidak ada yang langsung berinisiatif merekam video sejak menit pertama.

"Video lima detik yang diambil tergesa gesa, hanya menyisakan objek yang akhirnya tertutup bangunan dari posisi merekam. Ini yang membuat publik akan mudah sekali mengabaikan dokumentasi video tersebut," katanya.

"Apakah itu UFO atau hal lain yang bisa dijelaskan, semua terbuka dan berhak mengambil kesimpulan dalam peristiwa ini. Lagi pula, apa menariknya jika semua hal terkait fenomena UFO bisa mudah terjawab?" ujar Fan Fan.

(yum/bbn)