Panorama 360

Potret Terkini Alun-alun Cianjur yang Ditutup 1,5 Tahun

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 16:10 WIB
Alun-alun Cianjur
Alun-alun Cianjur (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Sudah 1,5 tahun, Alun-alun Cianjur ditutup akibat pandemi COVID-19. Alun-alun Cianjur seluas 1,7 hektare ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada Februari 2019.

detikcom menyambangi Alun-alun Cianjur, Jumat (30/7/2021) siang. Begini penampakan terkini melalui visual panorama 360.

Terdapat tiga spot utama yang menggambarkan tiga pilar budaya Kabupaten Cianjur, yakni halaman rumput sintetis dengan tugu Al-Quran sebagai perwujudan pilar budaya Ngaos. Selain itu ada juga panggung dengan bentuk kecapi suling sebagai representasi pilar budaya Mamaos.

Terdapat juga auditorium berbentuk segi lima dengan siluet dua orang tengah memperagakan pencak silat asli Cianjur sebagai penggambaran pilar budaya Maenpo. Tak hanya itu, jalan setapak dengan 99 pilar bertuliskan Asmaul Husna juga mempercantik dan menjadi spot primadona untuk berswafoto.

Alun-alun CianjurAlun-alun Cianjur (Foto: Ismet Selamet/detikcom)

Alun-alun Cianjur menjadi tempat tujuan wisata tidak hanya bagi warga Cianjur, tapi juga luar kota. "Setiap hari ada ribuan orang yang berujung untuk berwisata, menikmati kemegahan alun-alun. Bahkan saat akhir pekan sampai belasan ribu orang yang berkunjung termasuk dari luar kota," kata Bupati Cianjur Herman Suherman.

Namun, adanya pandemi COVID-19 membuat Pemkab Cianjur menutup kawasan alun-alun, sebab dikhawatirkan menimbulkan kerumunan orang. Pemkab Cianjur akan kembali membuka kawasan alun-alun setelah Cianjur menjadi zona hijau atau pandemi berakhir.

"Kita lihat situasi ke depan, tapi minimalnya kalau sudah zona hijau bisa dibuka dengan dilakukan pembatasan jumlah pengunjung," ucap Herman.

(bbn/bbn)