Angka Kesembuhan Tinggi, Bupati Cellica Bersyukur Karawang Zona Oranye

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 13:06 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Karawang -

Sejak sepekan kemarin, Karawang sudah memasuki zona oranye atau risiko sedang. Melihat penurunan status tersebut, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana bersyukur dengan situasi ini.

"Alhamdulillah, Karawang sudah bs masuk Zona Orange (resiko sedang) di minggu ini....Karawang terus membaiik, AamiinAamiin YRA, Terimakasiih untuk semangat gotongroyong dan doa dr seluruh masyarakat Karawang, InsyaAllah Karawang Pasti Bisa," tulis Cellica di akun Instagramnya, Kamis (29/7).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Karawang Fitra Hergyana mengungkapkan sejak hari ini dan sepekan kemarin, status Karawang mengalami penurunan dari zona merah ke zona oranye.

"Alhamdulillah ada penurunan status, dari zona merah atau risiko tinggi ke zona oranye atau risiko sedang, penurunan itu sejak sepekan kemarin hingga hari ini," kata Fitra saat dihubungi, Jumat (30/7/2021).

Meski begitu, menurutnya, Satgas Karawang tidak melonggarkan pengetatan penerapan protokol kesehatan."Meski statusnya menurun, kami tetap ketat menerapkan PPKM Level 4 dari mulai 26 Juli 2021 sampai 2 Agustus 2021, bukan berarti melonggarkan," katanya.

Seperti diketahui, lanjutnya, ada beberapa indikator untuk menentukan zona risiko sebuah daerah. Di antaranya adalah laju penularan, laju kesembuhan, laju penularan, dan lain-lain. Oleh karenanya, semua indikator itu akan terus menjadi pantauan hingga status terus membaik.

"Kami akan terus pantau sampai semua wilayah statusnya membaik atau menurun bisa bertahan lama, dan bisa kembali ke risiko rendah, atau hijau," tandasnya.

Sementara itu, dari data peta zona risiko kota atau kabupaten di Jawa Barat yang dilansir oleh Pusat Koordinasi dan Informasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar). Status zona oranye Karawang tercatat pada 19 s.d 25 Juli yang sepekan sebelumnya berstatus zona merah, diikuti 13 kota atau kabupaten lainnya.

Selain itu, status zona oranye Karawang, diindikasikan, karena masuk peringkat kedua dalam tingkat kesembuhan, dengan jumlah 4.141 orang.

Simak video 'Jokowi: Covid-19 di Jawa Melandai, Tapi di Luar Jawa Naik':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)