Objek Misterius di Langit Bandung, LAPAN: Bukan Benda Antariksa

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 30 Jul 2021 11:09 WIB
Warga merekam penampakan benda asing terbang di langit Bandung
Objek misterius di langit Bandung (Foto: tangkapan layar video)
Bandung -

Objek misterius terbang di langit Bandung. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan benda tersebut bukan benda antariksa.

"Tidak. Dari video yang sekilas itu konfigurasinya berubah. Jadi tidak mungkin benda antariksa," ucap Kepala Lapan Thomas Djamaluddin kepada detikcom, Jumat (30/7/2021).

Menurut Thomas, berdasarkan konfigurasinya itu benda yang muncul dalam video tersebut berubah. Sedangkan karakteristik benda antariksa konfigurasinya tetap.

"Misalkan starlink, itu konfigurasinya tetap dan saya kira tidak sebanyak itu. Starlink juga satelit yang diluncurkan space-x itu kan biasanya teramati sesudah matahari terbenam dan sebelum matahari terbit. Jadi itu bukan benda antariksa," kata dia.

Berdasarkan pengamatan Lapan, kata Thomas, kemungkinan benda yang berterbangan tersebut merupakan sejenis balon.

"Jadi kemungkinan seperti objek balon yang dilepas. Kumpulan balon. Perlu dicari apakah ada acara pagi itu," tuturnya.

Sebelumnya Benda asing tak dikenal terbang di langit tepatnya kawasan Pasirkaliki, Kota Bandung, Kamis (29/7/2021) sekitar pukul 08.30 WIB. Detik-detik benda asing itu terbang sempat direkam oleh seorang pegawai proyek bangunan dan menjadi viral setelah diunggah akun @bandungtalk.

Irman salah seorang penjaga proyek bangunan mengatakan, benda asing itu pertama kali terlihat oleh pegawai bangunan yang tengah memasang steger. Pegawai itu kemudian memberitahu Irman dan pegawai lainnya terkait pemandangan yang dilihatnya.

"Dia memberitahu saya, ada yang aneh di atas. Pas saya lihat kok banyak gitu ya, bendanya seperti apa. Kalau drone tidak mungkin, burung juga tidak seperti itu bergerombol terus jauh, sampai kelihatan jauh itu warnanya putih," ujar Irman kepada detikcom

Simak Video: Penampakan Benda Asing Kelap-kelip di Langit Bandung

[Gambas:Video 20detik]




(dir/mud)