Diduga Disiksa Majikan, TKW Cianjur Berangkat Ilegal Pakai Visa Ziarah

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 15:57 WIB
TKW asal Cianjur diduga disiksi majikan di Arab Saudi
Postingan soal TKW Cianjur diduga disiksa majikan (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Ai Atikah, TKW asal Cianjur yang diduga disiksa majikannya di Arab Saudi tenyata baru bekerja selama enam bulan. Bahkan TKW tersebut diberangkatkan secara nonprosedural atau ilegal di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Bidang Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans Cianjur Ricky Ardi Hikmat, mengatakan dari keterangan keluarga, Ai Atikah diberangkatkan oleh salah seorang sponsor untuk bekerja di Arab Saudi pada awal 2021.

Menurutnya pemberangkatan tersebut dipastikan ilegal, sebab sejak 2015 TKW untuk sektor informal dimoratorium, terlebih saat ini tengah dalam kondisi pandemi.

"Baru berangkat awal tahun ini, pemberangkatanya ilegal atau nonprosedural, karena kan masih moratorium untuk sektor informal. Kecuali untuk sektor formal, masih diizinkan," kata dia, Rabu (28/7/2021).

Menurutnya TKW Ai Atikah berangkat dengan menggunakan paspor ziarah. "Jadi diberangkatkan menggunakan paspor dan visa ziarah oleh oknum sponsor. Di sana dipekerjakan tidak di satu rumah, tapi sampai tiga rumah," ujar dia.

Meski begitu, Disnakertrans akan mengupayakan pemulangan TKW Ai yang diduga disiksa majikannya.

"Kita sudah bersurat ke Kemenlu, diharapkan TKW Ai Atikah segera bisa dipulangkan," kata dia.

Pepen Supendi, suami TKW Ai Atikah, mengaku tidak tahu jika istrinya berangkat secara non prosedural. Menurutnya, pihak sponsor yang memberangkatkan menyebut jika proses pemberangkatan legal.

"Bilangnya legal, tapi ternyata ilegal. Kami merasa ditipu oleh sponsor tersebut. Apalagi setelah kondisi instri saya penuh luka, sponsor tersebut tanpa kabar dan susah dihubungi," ungkapnya.

Dia berharap istrinya bisa segera dipulangkan ke tanah air. Ia khawatir kondisi sang istri lebih parah. "Saya berharap pemerintah bisa membantu pemulangan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, viral di media sosial seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kabupaten Cianjur mengalami luka parah di bagian tangan diduga disiksa majikannya. Bahkan TKW yang bekerja di Arab Saudi itu juga diduga diperjual belikan ke beberapa majikan.

Foto kondisi TKW yang diketahui bernama Ai Atikah binti Adma, warga Kampung Pasir Randu Desa Cisarandi Kecamatan Warungkondang itu tersebar di grup TKI Saudi Arabia di media sosial Facebook.

Dalam grup tersebut akun Oktivia Sami mengonfirmasikan jika ada TKW yang mengalami tindak kekerasan.

"Yg dari cianjur ada yg knal ngga dengan mbak ini. kasihan dia visa jiahara di jual sana Sini ...smpe tnganya rusak dia kerja di algasim, ga boleh pegang," tulis akun Oktivia dalam postingannya.

(mud/mud)