Alhamdulillah, Bocah Penjual Gorengan di Sukabumi Kembali Bersekolah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 18:06 WIB
Bocah penjual gorengan di Sukabumi akhirnya bisa kembali bersekolah
Bocah penjual gorengan di Sukabumi akhirnya bisa kembali bersekolah (Foto: Syahdan Alamsyah)
Sukabumi -

Setelah sempat memantik perhatian luas, Salma Fauziah (13), bocah penjual gorengan di Sukabumi yang putus sekolah karena pekerjaan sang ayah terdampak Pandemi akhirnya bisa kembali bersekolah.

Bocah perempuan tersebut bahkan sempat memamerkan seragam dan perlengkapan sekolah yang ia pilih sendiri usai diajak berbelanja oleh Rositha Yunianto Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Kabupaten Sukabumi.

Pantauan detikcom, Salma terlihat sumringah saat diajak masuk kendaraan dinas Kepala Kejari Kabupaten Sukabumi Bambang Yunianto yang merupakan suami dari Ketua IAD Rosita Yunianto. Sekitar 15 menit perjalanan, kendaraan berhenti di toko perlengkapan sekolah di kawasan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Rositha bersama anggota IAD, Selly Aditia dan Jesica Tarigan kemudian memilihkan seragam sekolah, tas, topi hingga perlengkapan lainnya untuk keperluan sekolahnya. Setelah dirasa lengkap, mereka kemudian kembali mengantarkan Salma pulang.

"Perasaan saya senang banget pokoknya, alhamdulillah. Buat semuanya terimakasih, barusan dibeliin tas dibeliin baju (seragam). Sekarang Salma alhamdulillah, ada orang yang baik sama Salma untuk semuanya terimakasih banyak," ungkap Salma sambil mengenakan seragam SMP yang baru ia beli, Selasa (27/7/2021).

Salma juga membenarkan ia akan kembali bersekolah setelah banyak orang baik yang peduli dengan kisahnya.

"Ia mau sekolah lagi, peralatannya sudah lengkap baju tas dan sekali lagi terimakasih kepada semuanya," lirih Salma.

Nurjanah, ibu sambung Salma membenarkan putrinya akan kembali bersekolah, atas keputusan Kepala Desa (Kades) Padaasih dan pihak lain termasuk Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni ia akan bersekolah di salah satu SMP swasta tidak jauh dari rumahnya.

"Ia malam tadi Ibu Kapolres insya allah sudah menjamin sekolah Salma, beliau juga akan membantu biayanya nanti, alhamdulillah, alhamdulillah," ucap Nurjanah berulangkali mengucap rasa syukur.

Siang tadi Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi Bambang Yunianto datang bersama rombongan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Daerah Kabupaten Sukabumi yang diketuai istrinya Rositha Yunianto.

Bambang menyebut pihaknya bersama IAD merasa terpanggil dengan cerita bocah penjual gorengan yang putus sekolah.

"Ini merupakan kewajiban, bagi kami dalam hal ini selaku kepala kejaksaan negeri Kabupaten Sukabumi, didampingi ibu ketua IAD dearah Kabupaten Sukabumi yang peduli dan merasa terpanggil membantu dek Salma, dalam hal ini kamj melihat adik ini lebih kurang satu tahun belum sekolah dikarenakan keterbatasan yang ada. Makanya mudah-mudahan dengan kedatangan kami dengan sedikit bantuan yang bisa kami berikan, mudah-mudahan dek salma bisa melanjutkan sekolah seperti anak-anak seusianya," kata Bambang saat diwawacarai awak media.

(sya/mud)