Aturan Makan 20 Menit Jadi Sorotan, Ini yang Berlaku di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 17:06 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Bandung -

Aturan makan dengan batas waktu 20 menit saat PPKM level 4 mendapat sorotan. Lantas bagaimana aturan tersebut di Kota Bandung?

Berdasarkan peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung nomor 78 Tahun 2021 yang diteken Oded M Danial tertanggal 26 Juli 2021, aturan soal makan di tempat tertuang dalam Pasal 13 ayat ke 7.

Adapun isi dari aturan tersebut berbunyi:

"Pelaksanaan kegiatan warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya dapat melayani makan di tempat dengan ketentuan paling banyak 3 (tiga) orang pengunjung dan waktu makan paling lama 20 (dua puluh) menit," tulis Perwal tersebut sebagaimana dilihat detikcom pada Selasa (27/7/2021).

Perwal tersebut juga mengatur soal rumah makan, kafe hingga restoran di Bandung. Dalam Perwal itu disebutkan restoran atau kafe pada lokasi mal atau pusat perbelanjaan dilarang menyediakan makan di tempat dan hanya menerima take away.

"Pengelola restoran, rumah makan dan kafe sebagaimana dimaksud pada ayat (5) wajib menyediakan tempat pemesanan dan pengambilan makanan yang telah ditentukan," tulis Perwal ayat 6.

Sementara itu pada pasal tersebut ayat ke 3 ditulis waktu operasional rumah makan hingga kafe. Pada huruf e ayat tersebut ditulis bahwa kafe dan rumah makan buka pukul 06.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Sementara itu, salah satu pengelola warteg di Bandung Rizki Arfian mengaku sudah mengetahui perihal waktu batasan makan di warteg hanya 20 menit. Menurut pengelola warteg Bahari Tulen di Jalan LLRE Martadinata Bandung aturan itu sulit diterapkan. Pasalnya yang datang ke warteg itu sekaligus beristirahat.

"Itu tergantung orangnya mau atau enggak. Karena kan biasanya kalau makan sambil istirahat. Kalau 20 menit kayaknya cuma makan," ujarnya.

(dir/mso)