238 Warga Binaan Rutan Pandeglang Antusias Jalani Vaksinasi COVID-19

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 15:52 WIB
Warga binaan di rutan Pandeglang jalani vaksinasi COVID-19.
Foto: Warga binaan di rutan Pandeglang jalani vaksinasi COVID-19 (Rifat Alhamidi/detikcom).
Pandeglang -

Sebanyak 238 warga binaan di Rutan Pandeglang, Banten mengikuti vaksin COVID-19. Mereka menjadi sasaran komunitas untuk mendapat suntikan karena memang rawan terpapar virus Corona.

"Ya, betul. Ini merupakan vaksinasi tahap pertama untuk para warga binaan di rutan, diharapkan terbentuk kekebalan nantinya untuk narapidana di sini," kata Karutan Pandeglang Jupri saat ditemui di kantornya, Selasa (27/7/2021).

Selain warga binaan, vaksinasi juga menyasar puluhan petugas rutan yang belum mendapat suntikan vaksin. Selama pandemi, puluhan petugas Rutan Pandeglang diketahui belum mengikuti vaksinasi yang tentunya akan rawan terpapar virus Corona.

"Sebelum vaksin, kita sudah sosialisasi ke warga binaan dan nanya langsung ke mereka apakah punya riwayat penyakit atau tidak. Alhamdulillah, ternyata enggak ada yang punya komorbid," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kadinkes Pandeglang Raden Dewi Setiani menyebut ratusan warga binaan ini menjadi sasaran vaksin lantaran rawan terpapar virus. Pasalnya, per satu ruangan diisi oleh 14 warga binaan yang mendekam di Rutan Pandeglang.

"Di sini kan satu komunitas dan memang agak sulit untuk jaga jarak. Makanya, dukungan vaksinasi di sini kita lakukan karena khawatir ada penyebaran dan penularan virus," ungkapnya.

Ia pun berharap warga bisa ikut gerakan vaksinasi massal yang sedang digelar Pemkab Pandeglang pada 21-31 Juli 2021. Vaksinasi ini bisa diikuti serentak di 36 puskesmas dan 11 klinik serta di sejumlah instansi seperti Kejari, Polres dan Kodim.

"Ini butuh kerjasama dari semua lapisan masyarakat, untuk membentuk kekebalan kelompok. Intinya, jangan menghindari vaksinnya, tapi hindari virusnya," pungkasnya.

(mso/mso)