PPKM Level 3, Pasar Manis Ciamis Sepi-Omzet Pedagang Turun 70 Persen

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 14:23 WIB
Suasana Pasar Manis Ciamis
Foto: Suasana Pasar Manis Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Dalam penerapan PPKM level 3 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pertokoan kini sudah mulai boleh buka kembali. Namun kondisi Pasar Manis Ciamis masih terpantau sepi pengunjung.

Seperti pantauan detikcom, Selasa (27/7/2021), kondisi di beberapa blok Pasar Manis Ciamis nampak cukup sepi. Hanya ada beberapa pengunjung yang masuk untuk berbelanja. Selebihnya adalah warga pasar dan pedagang yang sedang beraktivitas.

Menurut informasi dari pedagang, ini terjadi sejak diberlakukannya PPKM darurat. Bahkan ada beberapa toko yang tutup terutama pakaian dan hanya lapak pedagang sayuran yang buka. Kini saat PPKM level 3, semua toko sudah kembali buka. Namun pengunjung pasar masih belum ada peningkatan.

Kondisi tersebut membuat omset pedagang baik pedagang kecil maupun kios mengalami penurunan secara drastis. Penurunannya dari 50 persen sampai 70 persen karena sepinya pembeli.

Seperti dirasakan pedagang sayur Caca Hindasah yang mengaku omzetnya turun drastis hingga 70 persen. Menurutnya, sebelum PPKM darurat pengunjung pasar masih cukup ramai meski tak seramai sebelum datangnya pandemi.

"Kondisi pasar memang sejak pandemi sepi, ditambah lagi ada PPKM jadi tambah sepi, yang biasanya 10 sekarang hanya 3 (perbandingan omzet)," katanya.

Hal yang sama juga dirasakan Anisa (38), penjual tahu. Sejak PPKM darurat, kata dia, kondisi pasar menjadi sepi karena adanya penyekatan dan pembatasan. Ditambah lagi harga tahu yang naik dari Rp 3 ribu menjadi Rp 4 ribu per kantong akibat harga kedelai naik sudah cukup lama.

"Sudah sepi pembeli sampai 50 persen ditambah harga tahu juga naik sekarang jadi Rp 4 ribu jadi semakin sepi," jelasnya.

Pedagang Pasar Manis Ciamis berharap pandemi COVID-19 ini bisa segera berakhir. Sehingga perekonomian dan aktivitas di Pasar Manis Ciamis kembali meningkat.

(mso/mso)