Apotek di Bogor yang Disidak Jokowi Klaim Jual Lagi Obat Terapi Corona

M. Sholihin - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 12:10 WIB
Apotek di Bogor yang sempat disidak Presiden Jokowi
Foto: Apotek di Bogor yang sempat disidak Presiden Jokowi (M. Sholihin/detikcom).
Bogor -

Presiden Joko Widodo sempat melakukan sidak ke apotek di Bogor menanyakan stok obat terapi COVID-19. Obat-obatan yang dicari Jokowi di apotek Vila Duta di antaranya Oseltamivir, favipiravir, azhitromycin dan vitamin D5000.

detikcom kembali mendatangi apotek yang berlokasi di Kelurahan Branangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Selasa (27/7/2021).

Apoteker Apotik Vila Duta Herli menyebut obat-obatan tersebut, kini telah tersedia dan bisa dibeli untuk pasien yang tengah melakukan isolasi mandiri.

"Untuk saat ini ketersediaanya sudah ada yah, Alhamdulillah sudah tersedia di apotek. Kemarin hari Sabtu kami lakukan surat pemesanan, terus kemarin Senin Alhamdulillah barang yang dipesan datang," kata Herli ditemui detikcom, Selasa (27/7/2021).

Herli menyebut, obat-obatan seperti oseltamivir, favipiravir dan azhitromycin biasa dikonsumsi pasien positif COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri. Namun ia menegaskan, obat-obatan tersebut hanya bisa dibeli dengan melampirkan resep dokter.

"Syarat wajib untuk membeli obat-obatan semacam itu ya tetap harus ada resep dokter, asli bukan salinan, itu wajib, kita tidak layani kalau tidak ada itu," ucap Herli.

Herli berharap distribusi obat-obatan untuk terapi COVID-19 bisa lebih lancar. Karena permintaan di Bogor saat ini lumayan meningkat seiring dengan melonjaknya angka positif COVID-19 di Kota Bogor.

"Harapan kita sih, distribusi obat tetap lancar yah. Karena kasihan yah, mereka yang sedang isoman dan butuh obat. Harapannya juga sih, pandemi cepat berlalu, semua kembali normal, semua sehat," ucap Herli.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video viral menunjukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi apotek menanyakan obat oseltamivir dan favipiravir. Sayang, keduanya kosong alias tidak tersedia.

"Saya mau ini, mau cari obat anti virus yang Oseltamivir," tanya Jokowi.

Petugas di apotek menjelaskan bahwa obat tersebut sudah lama kosong, baik yang generik maupun yang bermerek, yakni Fluvir. Jokowi lantas menanyakan obat lainnya.

"Kalau yang ini, Favipiravir?" tanya Jokowi, yang disahut dengan jawaban yang sama oleh petugas apotek.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut momen tersebut direkam di sebuah apotek di Bogor, Jawa Barat. Video diambil siang ini, Jumat (23/7/2021).

(mso/mso)