PPKM Level 3 di Garut, Toko Boleh Buka-Tidak Ada Penyekatan

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 19:23 WIB
Makna Episenter Pandemi yang Kini Disematkan ke Indonesia
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Garut -

Sesuai instruksi pemerintah pusat, Pemkab Garut kembali memperpanjang pelaksanaan PPKM. Ada sejumlah kebijakan yang dikeluarkan Pemda Garut saat PPKM Level 3 ini berlangsung.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, berdasarkan keputusan pemerintah pusat, Kabupaten Garut ditetapkan untuk memberlakukan PPKM Level 3. PPKM Level 3 dimulai hari ini hingga 2 Agustus mendatang.

"Berdasarkan Inmendagri Nomor 4 tanggal 25 Juli, Garut itu masuk level 3. Kita sudah turun dari level 4 ke level 3," kata Rudy kepada wartawan di Pendopo, Senin (26/7/2021) sore.

Rudy mengatakan, ada sejumlah kelonggaran yang diberikan dalam penerapan PPKM Level 3 di Garut. Salah satunya, saat ini sudah tidak ada penyekatan akses jalan yang dilakukan.

"Nah sekarang itu tidak ada penyekatan, yang ada hanyalah rekayasa lalu lintas," katanya.

Selain tidak adanya penyekatan, kata Rudy, saat ini pemilik usaha baik sektor esensial maupun non esensial, kecuali wisata sudah diperkenankan untuk buka dengan ketentuan protokol kesehatan.

"PKL kami boleh buka, tapi dengan prokes. Toko-toko boleh sekarang dengan prokes," ujar Rudy.

Kendati demikian, Rudy menambahkan Operasi Yustisi serta pemantauan terhadap pusat-pusat keramaian masih akan diterapkan. Selain itu, pemberlakuan denda bagi para pelanggar juga tetap berlaku.

"Ada pos pantau dan Operasi Yustisi tetap dijalankan," tutup Rudy.

(mud/mud)