Napi Lapas Jelekong Bandung Selundupkan Sabu

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 17:19 WIB
Ilustrasi Napi di Penjara
Ilustrasi napi di penjara (Ilustrator: Edi Wahyono)
Kabupaten Bandung -

Upaya penyelundupan narkotika di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kembali terjadi. Seorang narapidana tertangkap tangan saat mengambil narkotik.

Aksi penyelundupan tersebut terjadi di Lapas Narkotika Klas IIA Bandung (Lapas Jelekong) pada Senin (26/7/2021). Dua orang bernama Yosia Marcel Lenga dan Hori Hidayatullah terlibat.

Kalapas Jelekong Faozul Ansori menuturkan awalnya petugas jaga menangkap tangan Yosia Marcel saat dirinya mengambil bungkusan plastik di sekitar Lapas. "Kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap bungkus plastik warna hitam dan didapatkan hasil berupa narkotik," ucap Faozul dalam keterangannya.

Adapun isi bungkusan tersebut berupa lima bungkus kecil berisi sabu, satu bungkus plastik kecil berisi 85 butir obat diduga Alprazolam, satu bungkusan plastik kecil berisi 126 butir obat diduga Riklona, satu bungkus plastik kecil berisi 9 butir diduga Inex dan dua buah pipa kaca.

Faozul mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, Yosia mengaku mengambil barang tersebut lantaran disuruh oleh Hori Hidayatullah. Dia juga merupakan narapidana di lapas tersebut.

"Tim KPLP dan Kamtib kemudian melakukan penggeledahan di kamar masing-masing dengan hasil dua buah ponsel milik masing-masing terpidana," kata dia.

Pihak Lapas Jelekong berkoordinasi dengan Polresta Bandung untuk melakukan penyelidikan. Barang bukti sudah dilimpahkan ke polisi.

(dir/bbn)