TNI AU Distribusikan Ribuan Tabung Oksigen ke Rumah Sakit

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 12:29 WIB
TNI Distribusikan Tabung Oksigen
Pabrik ini mampu memproduksi 60-70 tabung oksigen. Distribusi tabung ke rumah sakit oleh TNI AU ini sudah dilakukan sejak sebulan lalu. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

TNI AU ikut mendistribusikan tabung oksigen ke rumah sakit di Bandung. Dalam sehari, puluhan tabung diproduksi dan dikirim ke rumah sakit.

Produksi oksigen tersebut dilakukan di Pabrik Zat Asam (Pazam) 731 yang berada di area Landasan Udara (Lanud) Husein Sastranegara, Bandung. Pabrik tersebut itu merupakan salah satu pabrik produksi oksigen dari empat pabrik milik TNI AU di Indonesia.

"Sehari-hari itu beroperasi menyediakan zat asam untuk keperluan operasional AU, dalam hal ini untuk pesawat tempur kita, pesawat transport kita menggunakan oksigen ini untuk melaksanakan operasionalnya. Dalam kondisi pandemi seperti ini, masyarakat butuh, rs butuh, kita juga distribusikan," ucap Kadispen AU Marsma Indan Gilang Buldansyah di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Senin (26/7/2021).

Indan mengatakan pabrik tersebut mampu memproduksi 60-70 tabung oksigen. Distribusi tabung ke rumah sakit ini sudah dilakukan sejak sebulan lalu.

"Sebagai contoh Sathar Pazam 731 ini sudah mendistribusikan sebanyak 954 (tabung) untuk 25 RS yang ada di sekitar sini, kapasitasnya itu antara 60-70 tabung per hari, jadi kita distribusikan ke rumah sakit dan ke perorangan yang membutuhkan ya," kata dia.

Secara keseluruhan, TNI AU sudah mendistribusikan sebanyak 2.350 tabung oksigen ke sejumlah RS di Indonesia. "Ini guna membantu sejumlah rumah sakit yang mengalami kekurangan oksigen untuk perawatan pasien COVID-19," kata Indan.

(dir/bbn)