Polisi Sebut Demonstran di Bandung Bawa Molotov Gegara Disuruh

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 12:00 WIB
Massa dari kalangan driver ojek online, pedagang dan mahasiswa berunjuk rasa di depan Balai Kota Bandung, Rabu (21/7). Mereka menolak perpanjangan PPKM di Kota Bandung.
Demo tolak PPKM (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Polisi menetapkan satu orang sebagai tersangka pembawa molotov saat demo ricuh tolak PPKM di Bandung. Dari hasil penyelidikan, diketahui ada yang menyuruh tersangka membawa molotov.

"Dari bukti hasil chatting HP yang bersangkutan memang sudah disiapkan, sudah memang dibawa, ada yang memerintahkan untuk membawa pada saat demo," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP Adanan Mangopang di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (23/7/2021).

Adanan mengatakan pihaknya akan melakukan pengembangan terhadap orang yang memerintahkan membawa molotov itu. Menurut dia, penyidik sudah mengantongi identitas pelaku.

"Akan kita kembangkan ke yang memerintahkan itu, identitasnya sudah kita dapat," tuturnya.

Terkait molotov ini, Adanan mengatakan pihaknya mengamankan enam orang. Dari enam orang, satu orang berinisial H terbukti bersalah.

"Dari hasil keterangan sementara yang bersangkutan memang yang membuat bom molotov tersebut dan rencananya akan dibawa saat melaksanakan aksi unras di balkot, dan di Gedung Sate," kata dia.

Seperti diketahui, Polisi mengamankan sejumlah massa aksi demo tolak PPKM darurat di Bandung. Polisi menemukan ada massa yang membawa molotov.

"Selama kita melaksanakan pembubaran, ditemukan bom moltov, yang dipersiapkan oleh kelompok mereka," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (21/7/2021).

Dari foto yang beredar, terlihat sejumlah pemuda duduk di lantai. Di depannya terlihat ada empat botol kaca bersumbu dan satu botol air mineral berisi cairan berwarna hijau.

(dir/mud)