Corona Ngegas, Ciamis Siapkan Pusat Isolasi di Seluruh Kecamatan

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 12:11 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Ciamis -

Kasus Corona di Kabupaten Ciamis belum memperlihatkan penurunan signifikan meski sudah PPKM darurat. Pemkab Ciamis akan melakukan sentralisasi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri ke pusat isolasi kecamatan.

"Dalam upaya memutus COVID-19, Pak Bupati Ciamis mengeluarkan terobosan dengan sentralisir pasien yang bergejala ringan dari desa ke pusat isolasi kecamatan dengan menggunakan bangunan sekolah representatif," ujar Sekda Ciamis Tatang, Kamis (22/7/2021).

Adanya isolasi terpusat kecamatan ini bisa lebih terkontrol secara rutin oleh tenaga kesehatan (nakes). Mengingat nakes di Ciamis terbatas, sehingga pemantauan dan pengontrolan pasien isolasi mandiri tidak maksimal.

"Nakes kan terbatas, jadi ketika pasien COVID-19 isolasi mandiri di rumah dan desa jadi pengontrolan terbatas. Dengan isolasi terpusat bisa melakukan pengontrolan secara maksimal sehingga angka kesembuhan meningkat," kata Tatang

Di tempat isolasi terpusat kecamatan ini, pasien yang umumnya bergejala ringan bisa melaksanakan kegiatan lain. Antara lain kegiatan pengajian dan olahraga setiap pagi dengan memberdayakan guru olahraga.

"Jadi kalau isolasi mandiri itu mungkin tidak beraktivitas, untuk meningkatkan imun harus berolahraga kemudian jam sembilan berjemur. Untuk meningkatkan imunitas juga harus hati tenang dan termotivasi sehingga kesembuhan pasien lebih cepat," tuturnya.

Terobosan tersebut diharapkan kasus COVID-19 di Kabupaten Ciamis menurun. Sehingga setelah tanggal 25 Juli 2021 selesai PPKM darurat perpanjangan bisa dicabut bertahap.

"Kami juga mengetuk para dermawan dan donatur untuk gotong-royong dengan cara berbagi bersama melawan COVID-19. Siapa saja yang memiliki kelebihan rezeki untuk membantu pasien untuk keperluan isolasi mandiri," ujar Tatang.

(bbn/bbn)