Darurat COVID-19, Pemprov Banten Malah Anggarkan Mobil Mewah Pimpinan DPRD

Bahtiar Rifa - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 11:34 WIB
Gedung DPRD Banten (Bahtiar-detik)
Foto: Gedung DPRD Banten (Bahtiar-detik)
Serang -

Di tengah kondisi sulit imbas pandemi COVID-19, Pemprov Banten malah menganggarkan pengadaan mobil mewah Toyota Camry untuk empat pimpinan DPRD. Nilai pagunya bahkan hingga Rp 2,8 miliar.

Pengumuman pengadaan ini terlihat di laman LPSE Provinsi Banten. Satker pengadaan dari Sekretariat DPRD dan sumber sumber dana dari APBD dengan metode pengadaan penunjukan langsung. Berdasarkan data mobil yang akan dibeli jenis Camry dengan spesifikasi 2.5 V A/T 6-Speed Otomatis 2494 CC.

"Jadi begini, rencana itu sejak 2020. Kita tidak pernah tahu bagaimana persoalan pandemi ini akan semakin berlarut sampai saat ini. Artinya pengadaan ini sudah direncanakan di awalnya pada saat tahun kemarin," kata Sekretaris DPRD Banten Deni Hermawan dikonfirmasi di Serang, Kamis (22/7/2021).

Perencanan pengadaan kendaraan pimpinan itu disusun tahun kemarin. Proses pengadaan sudah dilakukan sejak 20 Juni melalui mekanisme LPSE dan Sirup. Proses itu pun dilakukan sebelum PPKM Darurat.

"Muncul sebagai semuah keterbukaan informasi ke public muncul melalui mekanisme LPSE," ujarnya.

Saat muncul di LPSE, sejauh ini katanya belum ada peserta yang melakukan penawaran. Pengadaan ini pun jadi pembahasan di lingkungan DPRD untuk diputuskan pembatalannya.

(bri/mso)