Banten Paling Tak Taat Masker, 7 Daerah Jadi Zona Merah COVID-19

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 22:16 WIB
Poster
Ilustrasi masker (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Serang -

Satgas Penanganan COVID-19 menyebut Banten paling tidak taat menggunakan masker. Angkanya rendah atau 28,57 persen. Bahkan, hari ini, tujuh kabupaten-kota di Banten menjadi zona merah, kecuali Kabupaten Lebak.

Pernyataan Banten paling tidak taat masker disampaikan langsung oleh Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. Data dihimpun selama sepekan terakhir menunjukkan terdapat 26 persen desa-kelurahan di Indonesia yang kepatuhan masyarakatnya rendah dalam menjalankan protokol kesehatan memakai masker dan 28 persen dalam menjaga jarak.

Wiku mengatakan Bantan disorot karena kepatuhan protokol kesehatannya yang angkanya rendah, khususnya penggunaan masker dan jaga jarak. Ini juga termasuk DKI Jakarta yang masih rendah.

"Banten 28,57 persen (kepatuhan pakai masker). Sedangkan desa/kelurahan yang tidak patuh menjaga jarak, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan kelurahan paling banyak yaitu 48,26 persen atau hampir setengah kelurahan di DKI Jakarta, masyarakatnya tak pauh dalam menjaga jarak," kata Wiku dalam siaran langsung di kanal Sekretariat Presiden, Selasa (20/7/2021).

Satgas menilai pengawasan dan tindakan tegas bagi para pelanggar protokol kesehatan jadi hal penting. TNI, Polri, pemda, puskesmas, hingga RT/RW harus memiliki komitmen dalam penegakan disiplin.

Pemprov Banten belum memberikan respons atas rendahnya tingkat kedisiplinan warga menggunakan masker saat dimintai komentar. Jubir Satgas COVID-19 Banten Ati Pramudji Hastuti menyampaikan data pada hari ini seluruh daerah di Banten, kecuali Lebak, menjadi zona merah.

Daerah Zona merah di Banten terdiri Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Penambahan kasusnya pun mencapai 1.730 orang positif pada hari ini. Masih ada 19.830 orang yang dirawat di rumah sakit maupun isolasi mandiri.

(bri/bbn)