Sapi Kabur Saat Hendak Disembelih, Warga: Tak Mempan Ditembak!

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 18:49 WIB
Sapi Kabur di Sukabumi
Sapi yang kabur saat hendak disembelih di Sukabumi. (Foto: istimewa)
Sukabumi -

Seekor sapi kabur saat akan disembelih warga di Perumahan Situendah, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. Seorang polisi yang khawatir sapi itu mengamuk sempat menembak, namun peluru tidak menembus kulit sapi.

Video sapi kabur ini tersebar di berbagai grup aplikasi perpesanan. Sapi kurban yang berlari sejauh lima kilometer itu akhirnya disembelih setelah menabrak ke truk pengangkut semen.

"Kejadian itu seusai panitia kurban (Idul Adha) menyembelih domba satu ekor. Saat akan menyembelih sapi kan ada dua ekor, yang satu mengamuk dan menolak dipindahkan saat akan giliran disembelih," kata Iwan Ridwan (53), pengurus pengajian pemuda di Perumahan Situendah, Selasa (20/7/2021).

Sapi itu milik beberapa orang yang mengikuti arisan kurban. Sewaktu sapi akan disembelih, tali yang mengikat leher sapi itu putus. Sapi tersebut mengamuk dan menendang jagal, kemudian meloncati pagar setinggi 1,5 meter.

"Sapi itu meloncat pagar tembok setinggi 1,5 meter, sempat diumumkan di masjid agar warga dan anak-anak waspada karena ada sapi lepas. Sempat memutar dulu di perumahan, lalu keluar ke jalan raya," ujar Iwan.

Melihat sapi lari ke jalan raya, sejumlah warga mengejarnya. Polisi yang mengetahui kejadian itu sempat menembakkan senjata apinya ke arah sapi karena khawatir membahayakan keselamatan warga dan pengguna jalan.

Warga menyebut peluru itu tidak berhasil menembus tubuh sapi. Bahkan, peluru itu mental dan mengenai kaca mobil.

"Sampai lima kali tembakan, tidak ada yang kena. Ada peluru yang mental dan malah mengenai kaca mobil, bahkan peluru diarahkan ke kemaluan sapi juga tidak berhasil tembus. Tak mempan ditembak," kata Iwan.

Apakah ada kemungkinan peluru meleset, Iwan membantahnya. "Jangankan sapi yang besar, pencuri juga (bisa) kena," ucap Iwan.

Sapi terus melarikan diri selama satu jam. Sempat masuk ke RS milik pemerintah daerah, sapi bergerak ke gerbang pabrik semen. Sapi itu ambruk usai menabrak truk yang parkir di kawasan itu. Warga pun buru-buru menyembelih hewan tersebut.

"Kejadian sekitar pukul 10.30 WIB dan baru berhenti sekitar pukul 11.30 WIB. Sapi itu langsung di sembelih dengan sebilah golok dan sapi tersebut di bawa ke Perumahan Situendah untuk dibagikan," kata Iwan.

(sya/bbn)