PPKM Darurat, Warga Ciamis Tetap Antusias Salat Idul Adha di Masjid

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 09:37 WIB
Salat Idul Adha di Ciamis
Warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di masjid. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Meski diimbau melaksanakan salat Idul Adha di rumah masing-masing, sebagian masyarakat Ciamis tetap antusias melaksanakannya di masjid. Sebagaimana terlihat di Masjid Jamie Nurul Iman, Lingkungan Sikuraja, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Hampir seluruh ruangan masjid penuh dengan jemaah.

Hal yang sama juga terjadi di Masjid Al Anwar, Desa Imbanagara Raya, Kecamatan Ciamis. Tak hanya itu, meski tidak menggelar salat id tingkat Kabupaten, Masjid Agung Ciamis pun melaksanakan salat hanya untuk lingkungan warga sekitar dan terbatas, serta menerapkan protokol kesehatan.

"Iya tadi salat id di Masjid Agung tapi hanya untuk lingkungan sekitar saja. Juga menerapkan protokol kesehatan ketat dan terbatas," ujar Tedi Setiadi, warga Jalan Kaum, Selasa (20/7/2021).

Sebelumnya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melalui Kabag Kesra Setda Ciamis Ihsan Rasyad telah mengeluarkan surat edaran. Dalam surat edaran tersebut, Pemkab Ciamis menganjurkan agar salat Id dilaksanakan di rumah bersama keluarga atau secara sendiri, karena dalam kondisi PPKM darurat.

Sanusi, khatib salat Idul Adha di Masjid Nurul Iman, menyampaikan ibadah haji merupakan keinginan bagi seluruh umat muslim. Namun selama dua tahun ini di Indonesia tidak ada yang diberangkatkan karena kondisi pandemi COVID-19.

"Dalam Idul Adha tahun ini mari berdoa bersama semoga pandemi COVID-19 segera hilang, diangkat lagi. Sehingga tahun depan, umat muslim di Indonesia bisa melaksanakan ibadah haji," kata Sanusi.

Dalam khotbahnya, Sanusi mengingatkan makna dari ibadah kurban ini mengingatkan akan pengorbanan nabi Ibrahim dan anaknya nabi Ismail. Dalam memperjuangkan agama tentunya harus rela berkorban, baik dengan harta, tenaga, waktu bahkan nyawa sekalipun.

"Dengan kurban ini juga kita harus saling berbagi sesama saudara dengan infak dan sedekah," kata Sanusi.

(bbn/bbn)