Jabar Hari Ini: Pemobil Terobos Penyekatan-Pengusaha Coret Fortuner Protes PPKM

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 21:05 WIB
Polisi Karawang Halangi Mobil Penerobos
Pemobil terobos penyekatan di Karawang (Foto: tangkapan layar video akun @cetul.22)
Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jawa Barat hari ini, Senin (19/7/2021) dari mulai pengendara di Karawang terobos penyekatan hingga Jabar salip DKI kasus COVID-19 hari ini.

Pria Terobos Jalan dan Usir Polisi di Karawang Minta Maaf

Viral video menampilkan polisi mencegat mobil penerobos penutupan jalan saat PPKM Darurat di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Berdasarkan video yang dibagikan akun @cetul.22 via Instagram, terlihat seorang pria berbaju kuning turun dari mobil bercat putih dan meminta sopirnya segera melintas di lokasi penutupan jalan itu.

Pria tersebut malah melawan dan mengusir polisi yang menghalangi laju mobil. Dia memerintahkan sopirnya menerobos pos penyekatan.

"Ditutup, ditutup, ditutup ini," kata polisi yang melakukan penjagaan dalam video itu sebagaimana dilihat detikcom, hari ini.

"Maju, maju, maju," ujar pria berbaju kuning itu kepada sopir.

Meski polisi pasang badan sambil berdiri di depan mobil, pria berbaju kuning menarik tubuh polantas tersebut untuk minggir. Si pria itu meminta sang sopir segera melintas.

"Maju, maju, kata gua maju," ucap pria itu berteriak.

Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra membenarkan kejadian tersebut terjadi di wilayah hukumnya. "Betul," kata Rama via pesan singkat.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Oliestha Ageng Wicaksana mengatakan insiden tersebut berlangsung pada Kamis (15/7) malam. "Kejadian di titik penyekatan Simpang McD Galuh Mas," kata Oliestha.

Oliestha mengungkapkan pemicu insiden pengusiran polisi dan penerobosan jalan di pos penyekatan tersebut. H mengaku kesal kepada petugas setelah melihat mobil lain di depannya boleh melintas, sedangkan mobil ditumpanginya dilarang lewat.

"Bersangkutan (H) kesal karena mobil di depannya diizinkan melintas setelah menunjukkan tanda penduduk tinggal di wilayah Galuh Mas. Karena dia (H) tidak bisa menunjukkan tanda penduduk Galuh Mas, ditahan (laju mobil) oleh anggota," ucap Oliestha.

Dua pihak tersebut sudah saling memaafkan yang dikuatkan surat pernyataan di atas meterai pada Jumat 16 Juli 2021. Pria berbaju kuning berinisial H, warga sipil berdomisili di Karawang, dan sopirnya, sudah didengar keterangannya oleh polisi.

"Petugas yang ditabrak dalam video sudah membuat laporan polisi. Namun kemudian atas kemurahan hati petugas tersebut, sang pelaku dimaafkan dan membuat surat pernyataan," kataOliestha.